EmitenNews.com -PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) dan NOKIA Corporation mengundang Yune Marketatmo selaku Presiden Direktur PT Solusi Sinergi Digital Tbk untuk menjadi pembicara utama dalam konferensi tahunan Get to Fast Faster (GTFF) pada tanggal 18 –19 September 2024 di Bali. Konferensi tersebut juga dihadiri oleh tamu kehormatan Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad, selaku Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia, serta tuan rumah penyelenggara konferensi, yaitu Sandy Motley selaku President Fixed Networks, Xulei Sang selaku Vice President Asia-Pacific – Regional Business Center dan John Harrington selaku Vice President Asia-Pacific – Sales.

GTFF 2024 yang mengusung tema “Broadband for the Future Now” mempertemukan para pemimpin bisnis, ahli teknologi, pelanggan, dan mitra industri telekomunikasi dan infrastruktur dari berbagai negara. Forum ini menjadi ajang untuk membahas masa depan broadband, memberikan wawasan industri terkini, serta menyajikan analisis dari pakar bisnis terkemuka. Para peserta juga dapat menyaksikan demonstrasi teknologi broadband terbaru dan inovasi yang akan mempengaruhi perkembangan masa depan industri ini.

Dalam rangkaian acara “GTFF 2024”, Bapak Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad, Wakil Ketua MPR Periode 2019–2024 Republik Indonesia, menyatakan, "Penetrasi internet di Indonesia saat ini masih sangat rendah, hanya berada di angka 15%. Berdasarkan studi dari World Bank (1), peningkatan penetrasi fixed broadband sebesar 10% akan berdampak pada pertumbuhan Gross Domestic Product (GDP) hingga 1,38% di negara berkembang. 

Oleh karena itu, kenaikan penetrasi internet melalui program 25 juta internet rakyat yang terjangkau akan sangat membantu pemerintah dalam meningkatkan GDP berbasis teknologi, memperkuat posisi strategis Indonesia di Asia Tenggara dibandingkan dengan negara-negara tetangga, serta memajukan literasi di Indonesia melalui edukasi online. Ini adalah langkah penting untuk mengatasi kesenjangan akses informasi digital dan Pendidikan, dimana Indonesia berkomitmen untuk mengejar ketertinggalan dengan memperluas akses internet dan memperkuat infrastruktur digital di seluruh negeri.”

Yune Marketatmo, Direktur Utama PT Solusi Sinergi Digital Tbk, memberikan pemaparan dengan judul "Power Up with The Most Secure Railway Connectivity in Indonesia". Selaras dengan penetrasi fixed broadband di Indonesia masih sebesar 15%, Surge hadir dengan visi besar untuk menyediakan konektivitas yang andal untuk menyasar 25 juta internet berkecepatan tinggi yang terjangkau, sehingga diharapkan dapat menjadi solusi yang mendorong transformasi digital serta mendukung pertumbuhan ekonomi berbasis teknologi di Indonesia.

Sebagai bagian dari upaya strategis, Surge telah resmi menjalin kemitraan dengan Nokia Indonesia untuk bersama-sama mengembangkan dan memperluas layanan internet rumahan yang terjangkau di seluruh 

Indonesia. Dengan memanfaatkan teknologi Software-Defined Lightspan FX access node terbaru yang mendukung GPON, XGS-PON, dan 25GPON, penggunaan platform otomasi Altiplano, pemanfaatan teknologi backbone DWDM dan MPLS Switch, yang didukung oleh teknologi Artificial Intelligence sehingga memungkinkan layanan internet berkecepatan tinggi yang efisien.

Yune juga menyatakan, “GTFF 2024 adalah kesempatan besar bagi kami untuk berdiskusi dan berbagi pengetahuan tentang masa depan broadband, serta memperkuat kolaborasi global. Kami yakin bahwa inovasi di bidang ini akan membawa transformasi besar yang mempercepat perkembangan ekonomi digital di Indonesia dan dunia. Terlebih lagi, kemitraan kami dengan Nokia Indonesia akan mempercepat pencapaian visi kami untuk menyediakan layanan internet terjangkau berkecepatan tinggi bagi 25 juta rumah tangga di seluruh Indonesia.”