EmitenNews.com -Sebagai bagian dari komitmen Indonesia Corporate Secretary Association (ICSA) untuk meningkatkan kompetensi para Sekretaris Perusahaan di Indonesia, ICSA telah melakukan 17 kegiatan dan program pelatihan terkait Environmental, Social, and Governance (ESG) sejak awal 2021. Kegiatan dan program pelatihan ini dilakukan untuk mendukung penerapan keuangan berkelanjutan yang direncanakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Penerapan ESG kini menjadi elemen kunci dalam menjaga keberlanjutan jangka panjang perusahaan. Langkah ini bertujuan untuk memastikan kelancaran bisnis tanpa menimbulkan dampak negatif terhadap sosial dan lingkungan.

OJK mengakui ESG sebagai salah satu parameter penting dalam mendukung tercapainya Sustainable Development Goals (SDGs). Dalam pelaksanaannya, Sekretaris Perusahaan memegang peran strategis dalam memastikan perusahaan menjalankan ESG sesuai standar yang berlaku.

Sejak 2021, ICSA telah memulai inisiatif ini dengan mengadakan webinar pengenalan ESG, bertema “Pengenalan Aspek ESG: Sebagai Salah Satu Penunjang Bisnis Berkelanjutan”. Pada tahun 2022, ICSA memperluas cakupan programnya dengan tiga acara utama terkait ESG, antara lain Webinar Non-Regulatory “Successful Keys in Communicating Sustainability”, Workshop “Memahami dan Mendorong Implementasi ESG pada Perusahaan”, serta Virtual Industry Visit ke PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk bertajuk “Best Practice Caring for the Environment in the Business World”.

ICSA terus melanjutkan komitmen ini di tahun 2023 dengan kembali mengadakan tiga acara utama bertema ESG, seperti Webinar “ESG Update: Sustainability Disclosure Introduction to ISSB”, Industry Visit “ICSA Goes to Semarang: Creative Business for Sustainable Development”, dan ESG Talks “Kolaborasi Lestarikan Bumi untuk Visi Net Zero Emission”.

Memasuki 2024, ICSA memperkenalkan ESG Programmes dengan total 10 acara yang telah terlaksana. Beberapa di antaranya adalah ICSA Goes to Singapore “ESG Today’s Practice: Future Development Within ASEAN Region”, Seminar “Regulatory Framework: Carbon Trading Compliance for Listed Companies”, “2nd Good Corporate Governance International Conference on ESG”, Webinar “TKBI: Inovasi untuk Mencapai Tujuan Net Zero Emission”, Webinar “The ESG Ratings Phenomenon: What, Why, and How”, Webinar “Understanding the Climate Change Challenge & Mitigation Plan in Sustainable Era”, Webinar “Journey to Sustainability with PT Pertamina (Persero)”, Industry Visit ke PT United Tractors Tbk “Achieving Excellence: Best Practices for Enhancing Top ESG Ratings”, ICSA Goes to Surabaya “Integration of Sustainability Technology in Various Industrial Sectors”, dan Webinar “What Investors Want from Sustainability Reports?”.

Dengan berbagai inisiatif yang telah dijalankan sejak 2021, ICSA terus memperkuat perannya sebagai pendorong utama penerapan ESG di perusahaan-perusahaan Indonesia. Melalui pelatihan dan program berkelanjutan, ICSA berkomitmen mendukung para Sekretaris Perusahaan untuk menghadapi tantangan masa depan yang semakin kompleks dalam keberlanjutan bisnis.

ICSA percaya, dengan semakin meningkatnya kesadaran akan pentingnya ESG, perusahaan-perusahaan di Indonesia dapat tumbuh lebih kuat dan tangguh, serta memberikan kontribusi nyata terhadap tercapainya SDGs.