EmitenNews.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati melantik dan mengambil sumpah sejumlah 242 orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrasi dan Pejabat pada unit organisasi Non-Eselon di lingkungan Kementerian Keuangan, pada Jumat (31/05), di Aula Dhanapala Kementerian Keuangan Jakarta.


“Selamat atas jabatan yang telah dan akan diemban. Gunakan waktu dan momentum pada sore hari ini sebagai awalan bagi saudara sekalian untuk terus berfokus pada pengabdian kepada nusa dan bangsa,” ungkap Menkeu dalam pidatonya.


Kegiatan mutasi dan promosi merupakan sebuah kebutuhan bagi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebagai sebuah organisasi yang sangat besar. Menkeu mengungkapkan bahwa hal itu sebagai salah satu upaya Kemenkeu untuk dapat mengukir prestasi lebih baik dan terus menciptakan perbaikan.


“Perbaikan dari sisi tata kelola, prestasi, leadership, dan perbaikan dari suasana kerja. Karena perbaikan adalah suatu kebutuhan mutlak bagi Kementerian Keuangan untuk bisa menjalankan tugas negara yang luar biasa penting,” tegasnya.


Selain membutuhkan perbaikan dan konsistensi, Menkeu juga mengungkapkan agar seluruh jajaran pimpinan di lingkungan Kementerian Keuangan selalu siap dalam menghadapi era digital teknologi dan media sosial yang terus berkembang, termasuk dapat menjalankan tugas dengan adaptif dan responsif terhadap kebutuhan stakeholder dan ekosistem.


Selain itu, peka terhadap berbagai potensi risiko dan inovasi baru untuk mendukung dan mendorong kinerja organisasi juga menjadi keharusan. Dalam hal ini, dengan menghidupkan kultur organisasi yang memiliki lima nilai utama, yaitu integritas, profesionalisme, sinergi, pelayanan, untuk capai kesempurnaan.


“Saya ingin values itu menjadi kultur dari masing-masing unit kita. Value itu menjadi ciri khas kepemimpinan. Dia menjadi trademark, brand, dan reputasi yang akan di bangun dan dijaga oleh anda semuanya,” pinta Menkeu.


Setiap posisi di Kementerian Keuangan memiliki peranan penting yang harus dijalankan dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab. Untuk itu, Menkeu menghimbau untuk senantiasa mencintai Indonesia dan berjuang untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara.


“Nyalakan semangat itu dan terus berikan yang terbaik. Selamat bekerja. Selamat menjalankan tugas negara dengan baik,” tutupnya.(*)