EmitenNews.com - Autopedia Sukses Lestari (ASLC) mendirikan entitas usaha baru. Ya, anak usaha baru tersebut berlabel Autopedia Gadai Jabar (AGJ). Pendirian anak usaha anyar itu, hasil kolaborasi dengan Autopedia Sukses Gadai (ASG). 

AGJ berkedudukan di Jalan Margonda Raya Nomor 330, Kemirimuka, Beji, Kota Depok, Jawa Barat (Jabar). AGJ melakukan kegiatan usaha pegadaian konvensional. AGJ dipersenjatai modal dasar Rp10 miliar, dan modal disetor Rp2,5 miliar. 

Pemegang saham AGJ yaitu Autopedia Sukses Gadai 99,99996 persen atau setara dengan Rp2,49 miliar. Lalu, sisanya 0,0004 persen setara dengan kepemilikan Rp1.000 per eksemplar. ”Pembentukan AGJ untuk memperluas layanan fasilitas pembiayaan singkat dengan jaminan kendaraan (Gadai) di wilayah Jabar dengan potensi pengguna besar,” tukas Armeza Umar, CFO Autopedia Sukses Makmur.

Dampak transaksi tidak material terhadap posisi dan kinerja profitabilitas perseroan. Perseroan berharap usaha gadai dapat mendukung perseroan dalam mewujudkan visi menjadi Omni Channel marketplace otomotif terpercaya, dan meningkatkan kinerja keuangan perusahaan secara menyeluruh di masa depan.

Pendirian AGJ itu, telah dicatat dalam akta pendirian Nomor 06 tanggal 9 Februari 2024, dan telah mendapat pengesahan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia dalam Surat Keputusan No. AHU- 0014456.AH.01.01.TAHUN 2024 tanggal 22 Februari 2024, efektif menjalankan bidang usaha setelah mendapat persetujuan dari otoritas terkait. (*)