EmitenNews.com - Muhammadiyah mengumumkan hari raya Idulfitri 2024 atau 1 Syawal 1445 Hijriah jatuh pada Rabu (10/4/2024). Diperkirakan ada kesamaan antara pemerintah dan Muhammadiyah. Kementerian Agama masih akan menggelar sidang isbat, Selasa (9/4/2024). Muhammadiyah terus mengkampanyekan terwujudnya Kalender Hijriah Global Tunggal (KHGT), untuk menyatukan dan mengakhiri masalah perbedaan dalam penetapan jadwal puasa, dan hari lebaran.

Dalam keterangannya yang dikutip Minggu (7/4/2024), Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir menyatakan, Insya Allah Muhammadiyah akan ber-Idul Fitri pada 10 April 2024. Tampaknya Idul Fitri, atau Lebaran 2024 ini, akan sama antara pemerintah dan Muhammadiyah.

Kalau pun ada perbedaan, seperti saat penetapan awal puasa Ramadan 1445 Hijriah, masyarakat tidak perlu bingung. Perbedaan penetapan awal Ramadan 2024, antara Muhammadiyah dan pemerintah tahun ini, menurut Haedar Nashir karena ada perbedaan cara penetapan.

Terlepas sama maupun beda, Haedar Nashir, meyakini seluruh lapisan masyarakat mampu menjaga toleransi. "Sama maupun berbeda insya Allah kita sudah masuk pada fase saling memahami dan toleransi."

Penting diketahui, untuk menyatukan dan mengakhiri masalah perbedaan itu, Muhammadiyah terus mengkampanyekan terwujudnya Kalender Hijriah Global Tunggal (KHGT).

KHGT diharapkan tidak hanya berlaku untuk Indonesia, melainkan untuk umat Islam di seluruh dunia. Dengan begitu perbedaan tersebut tidak terus berulang.

"Nanti satu tanggal baru itu berlaku untuk di semua negara, seperti kalender masehi yang tidak ada perbedaan," kata Haedar Nashir.

Kalau masih terus menggunakan kalender sesuai negara masing-masing, Muhammadiyah memandang perbedaan dalam menentukan waktu-waktu penting umat Islam kemungkinan besar bakal terus terjadi.

Sementara itu, untuk menentukan jadwal 1 Syawal 1445 Hijriah, atau Lebaran 2024, Kementerian Agama RI akan melaksanakan sidang isbat pada 29 Ramadan. Itu berarti Selasa, 9 April 2024.

"Sebagaimana biasa, sidang isbat awal Syawal selalu dilaksanakan pada 29 Ramadan. Tahun ini, bertepatan dengan 9 April 2024," ujar Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kamaruddin Amin, seperti dikutip dari laman Kementerian Agama, Ahad, 7 April 2024.

Sidang yang dilaksanakan oleh Kemenag tersebut, akan dihadiri oleh Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam, serta Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama. ***