EmitenNews.com - PT Bank Tabungan Negara (BBTN) makin melengkapi layanan digital mortgage ecosystem. Menghadirkan konsep metaverse pada BTN Virtual Expo 2022. Itu dilakukan dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-46 Kredit Pemilikan Rumah (KPR).


Direktur IT & Digital Bank BTN Andi Nirwoto mengatakan berbagai inovasi itu agar nasabah mudah memenuhi kebutuhan akan hunian, dan perawatan. ”Kami berinovasi agar BTN Digital Mortgage Ecosystem dapat menyediakan layanan digital memenuhi empat aspek. Yaitu living, renting, buying, dan selling. Dengan begitu, nasabah tidak hanya mudah mencari properti dan mengajukan pinjaman, tapi juga memenuhi kebutuhan sehari-hari untuk perawatan, dan kebersihan hunian,” tutur Andi di Jakarta, Selasa (6/12). 


Melengkapi Digital Mortgage Ecosystem, BTN menghadirkan layanan profesional listing, home service pada aplikasi btnproperti, dan SMART Residence. Melalui layanan profesional listing, nasabah dapat mengakses layanan perbaikan, perawatan, dan renovasi hunian berbagai penawaran jasa. Nasabah dapat memilih, melakukan komparasi harga, dan layanan terbaik. ”Layanan ini juga dilengkapi jasa desain arsitektur untuk mempercantik bangunan hunian,” imbuh Andi. 


Kemudian, layanan home service pada ekosistem digital Bank BTN, nasabah dapat melakukan pemesanan jasa kebersihan. Selain itu, fitur ini juga menawarkan layanan perbaikan elektronik rumah tangga hingga layanan kesehatan, dan kecantikan. Home service juga memberi penawaran jasa kebersihan rumah seperti daily cleaning, sofa cleaning, sampai jasa sedot tungau. 


Andi optimistis cakupan ekosistem digital Bank BTN akan terus bertumbuh menjadi One Stop Shop Housing Ecosystem. ”Mengingat telah dilakukan kerja sama dengan berbagai mitra, kelengkapan ekosistem kami akan terus berkembang dengan maksimal. Saat ini, para mitra sangat senang dapat bekerja sama dengan BTN, karena menyadari bahwa kelengkapan dan cakupan luas ekosistem milik BTN akan turut menopang bisnis mitra itu sendiri,” ucap Andi. 


Sementara itu, konsep Metaverse pada BTN Virtual Expo 2022 makin mempermudah pengunjung milenial mencari rumah idaman secara digital. Melalui konsep Metavese ini, interaksi antara pengunjung, developer, dan Bank BTN akan makin mudah terjalin. Para pengunjung dapat memilih dan melakukan kostumisasi avatar sendiri, dan benar-benar merasakan seolah-olah berada dalam ruangan expo secara digital.


Pada BTN Virtual Expo kali ini nasabah sangat dimanjakan mendapat akses informasi unit hunian, promo, dan pengajuan pinjaman dengan sangat mudah dalam satu platform. Tidak hanya itu, di event Virtual Expo, nasabah akan disuguhkan dengan fitur 4D Tour Services untuk dapat melihat fisik rumah secara real dan online.


Selain mengusung konsep Metaverse, pada event virtual expo itu, Bank BTN juga menggunakan konsep gamifikasi untuk meningkatkan experience customer selama berkunjung, dan berinteraksi pada event virtual expo. Pengunjung tidak hanya disuguhi beragam proyek properti unggulan, namun juga berbagai macam hiburan seperti games seru dapat dimainkan semua pengunjung berbagai kalangan. 


Pengunjung akan mendapat akumulasi poin selama event berlangsung, dan dapat melakukan penukaran poin untuk mendapat berbagai hadiah menarik. ”Semua inovasi itu, akan kami bawa pada event HUT KPR untuk para nasabah atau debitur. Ini bukti BTN sangat fokus menjadi terdepan dalam digitalisasi mortgage ecosystem,” tegas Andi.


Hingga September 2022, berbagai layanan digital milik BTN yakni mobile banking BTN, internet banking BTN, btnproperti, btnproperti for developer, SMART Residence, hingga rumahmurahbtn.co.id. Layanan btnproperti telah mencatat 19,6 juta pengunjung dengan lebih dari 245 ribu anggota, dan penyaluran kredit hingga Rp942 miliar per September 2022. (*)