EmitenNews.com - Dalam rangka mendukung upaya pendalaman pasar keuangan domestik, Pemerintah akan melakukan penjualan instrumen Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) ritel kepada investor individu secara online (e-SBN). Instrumen yang ditawarkan adalah Sukuk Tabungan Seri ST010T2 dan Green Sukuk Ritel – Sukuk Tabungan Seri ST010T4.


Melansir laman Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR), penawaran SBSN akan dibuka pada Jumat (12/5) mulai 09.00 WIB hingga Rabu (7/6) pukul 10.00 WIB.


Imbal hasil Surat Berharga Negara (SBN) Ritel jenis Sukuk Tabungan (ST) seri ST010 untuk tenor 2 tahun atau ST010T2 sebesar 6,25% per tahun dan ST010 tenor 4 tahun atau Green Sukuk Ritel ST010T4 sebesar 6,4% per tahun. Besaran kupon ini cukup menarik di tengah gejolak pasar modal saat ini.


Tingkat imbalan ini berlaku sebagai tingkat imbalan minimal (floor). Spread (selisih) tetap imbal hasil ST010 terhadap suku bunga acuan Bank Indonesia - 7 Day Reverse Repo ialah 50bps atau 0,5% untuk ST010T2 dan 65bps atau 0,65% untuk ST010T4.

Imbal hasil ST010 bersifat floating with floor atau mengambang dengan batas minimal. Artinya bisa naik, jika suku bunga acuan BI naik, namun tidak bisa turun lebih rendah dari batas minimal (floor).


Pembelian maksimum sukuk tanpa warkat yang tidak dapat diperdagangkan (nontradeable) ini adalah Rp5 miliar untuk seri ST010T2, dan Rp10 miliar untuk Green Sukuk ST010T4.


Tujuan penerbitan kedua sukuk secara online adalah untuk mempermudah akses masyarakat berinvestasi di SBSN ritel, memperluas basis investor dalam negeri dengan menyediakan alternatif investasi dan mendukung terwujudnya keuangan inklusif serta memenuhi sebagian pembiayaan APBN 2023.


Dengan mengusung tagline “Pilihan Berharga Untuk Kemandirian Bangsa” dan tema Lingkungan Bersih Tanggung Jawab Bersama, Pemerintah memberikan kesempatan kepada setiap Warga Negara Indonesia untuk dapat berinvestasi pada ST010 sekaligus memiliki kesempatan berpartisipasi dalam mendukung pembangunan nasional sekaligus membantu mengatasi dampak dari perubahan iklim karena hasil penerbitannya akan digunakan untuk membiayai proyek-proyek hijau dalam APBN.


Masyarakat yang berminat untuk berinvestasi di Sukuk Tabungan Seri ST010T2 dan Green Sukuk Ritel – Sukuk Tabungan Seri ST010T4 dapat mengakses web Sukuk Tabungan di www.djppr.kemenkeu.go.id/sukuktabungan dan www.kemenkeu.go.id/sukuktabungan atau menghubungi 32 Mitra Distribusi yang telah ditetapkan.(*)