EmitenNews.com - Catat ya. Timnas Indonesia akan melakoni laga hidup-mati untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2020 melawan Malaysia. Pertandingan terakhir di Grup B AFF Cup 2020 itu, dijadwalkan berlangsung di Stadion Nasional, Singapura, Minggu (19/12/2021) pukul 19.30 WIB.  Siaran live duel Indonesia vs Malaysia itu, bisa diikuti di RCTI, dan Vidio.com.

 

Timnas Indonesia memasuki laga ini dengan keunggulan satu poin atas Malaysia. Saat ini skuad Garuda menghuni puncak klasemen Grup B Piala AFF 2020 dengan mengumpulkan 7 poin hasil dari dua kemenangan dan satu kali seri. Vietnam sebenarnya menyamai Indonesia, tetapi berada di peringkat kedua. Pasalnya, Evan Dimas dkk memiliki keunggulan dalam selisih gol, sehingga berhak menjadi pemuncak klasemen.

 

Setelah Timnas Indonesia, dan Vietnam, Malaysia menyusul di posisi ketiga dengan catatan 6 poin dari dua kemenangan dan satu kekalahan dalam pertandingan seru di Grup B Piala AFF 2020 ini. Kamboja dan Laos secara berurutan menghuni peringkat keempat serta kelima. Keduanya sudah dipastikan tersingkir dari Piala AFF 2020.  

 

Dengan demikian, dua tiket semifinal Piala AFF 2020 yang tersisa bakal diperebutkan oleh Timnas Indonesia, Vietnam, dan Malaysia. Ketiga tim sama-sama memiliki peluang untuk menyusul Thailand dan Singapura yang sudah lebih dulu lolos dari Grup A dan melaju ke semifinal. 

 

Karena itu pertandingan Timnas Indonesia melawan Malaysia ini, bisa disebut pertarungan hidup-mati. Kedua tim dipastikan bakal berusaha keras untuk memenangkan laga panas untuk memperebutkan tempat di semifinal Piala AFF 2020. Untuk melaju ke babak selanjutnya, tim Garuda hanya membutuhkan hasil imbang. Malaysia bakal lebih ngotot dalam mencetak gol, karena harus memenangi pertandingan melawan tim Merah Putih, untuk melaju ke semifinal. 

 

Tetapi, meski dalam situasi lebih menguntungkan, timnas Indonesia tetap harus waspada. Tidak boleh lengah. Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dalam konferensi pers menjelang laga pada Sabtu (18/12/2021), sudah mengingatkan anak didiknya untuk tidak lengah. Bola bundar, sehingga apa pun bisa terjadi di lapangan.

 

Shin Tae-yong mengakui, banyak yang bicara Indonesia paling unggul di grup B Piala AFF 2020 ini, dan bakal lolos ke semifinal. Tetapi, kata pria asal Korsel ini, kita tidak tahu bagaimana situasi pertandingan bisa berubah. Ia memastikan, sudah menegaskan kepada para pemain agar tidak lengah. 

 

“Kami selalu melakukan yang terbaik untuk setiap pertandingan, yang kami mainkan dengan mentalitas kuat. Jika mental diperkuat, pastinya bisa mendapatkan hasil bagus melawan Malaysia tim yang lebih bagus," tutur Shin Tae-yong. 

 

Catat ya, RCTI, dan Vidio.com, Kamis (19/12/2021), mulai pukul 19.30 WIB, saksikan duel panas Timnas Indonesia vs Malaysia. ***