EmitenNews.com - Pemanfaatan teknologi virtual dan augmented reality sudah berkembang secara pesat, membuka jalan bagi generasi baru kreator konten dalam menciptakan "dunia lain" yang imersif dan memberikan pengalaman menakjubkan.

 

Seperti halnya yang baru-baru ini dilakukan oleh anak perusahaan dari PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS) - V2 Indonesia menghadirkan teknologi eXtended Reality (XR) Stage pertama di rumah ibadah Integrity Convention Center atau yang biasa dikenal sebagai Rumah Ibadah Gereja Bethel Indonesia (GBI PRJ), Kemayoran, Kota Jakarta Pusat.

 

Sebagai perusahan yang berfokus pada solusi audio-visual berteknologi tinggi, V2 Indonesia terus melakukan inovasi guna menjadi yang pertama dari sisi penggunaan teknologi terkini.

 

Proyek studio XR imersif di GBI menjadi yang pertama di Asia dalam hal penggunaan gamifikasi dan teknologi XR dalam kegiatan keagamaan melalui bentuk virtual event dan didukung oleh penggunaan software real time "Kita kembali kepada visi misi gereja, yakni supaya semua yang beribadah dapat merasakan karakter Kristus dalam kegiatan penggembalaan, pengajaran, dan pemuridan. Hal tersebut diwujudkan dengan penerapan teknlogi terkini," ungkap Pdt. DR. Janto Simkoputera, MD PhD selaku Gembala GBI PRJ Group.

 

Di GBI PRJ (Praise Revival for Jesus), V2 Indonesia menghadirkan teknologi studio XR dengan LED yang memiliki ukuran sebesar 17x5m, dan didukung oleh software disguise yang memungkinkan menampung hingga maksimal 2800 orang (tanpa jarak) per sesi ibadah.

 

Event yang digelar, dikonsepkan, dan diwujudkan dengan memanfaatkan panggung XR memungkinkan pengembang menempatkan lapisan efek visual dan selebritas lain dari jarak jauh, namun tetap berjalan secara real time. Sebelumnya, V2 Indonesia juga telah sukses membawa XR untuk berbagai aktivasi di sektor BUMN, rumah produksi dan stasiun televisi.

 

Founder dan CEO V2 Indonesia, Rudi Hidayat mengatakan, "XR adalah teknologi baru yang sedang berkembang. Apa yang diperkenalkan oleh V2 Indonesia di Integrity Convention Center adalah sebuah pembuktian bahwasanya kita benar-benar dapat menggunakan teknologi terbaru guna membuat lingkungan foto realistis yang benar-benar imersif.

 

Hal ini, berarti juga, kreator akan bisa membawa penonton ke mana pun, dan kapan pun, itulah keajaiban XR."

 

Visualisasi kreatif telah mengalami proses evolusi selama bertahun-tahun yang membawa penonton ke euforia dunia virtual atau metaverse yang imersif dan fantastis. Kemajuan teknologi real-time pun menjadi pusat pergeseran tren ini.