EmitenNews.com - Bank Tabungan Negara (BBTN) membangun BTN Ecopark Gandul, Depok, Jawa Barat (Jabar). Groundbreaking proyek berlokasi di Gandul, Cinere, Depok, Jabar itu, dilakukan Jumat, 18 Oktober 2024. Fasilitas itu, langkah BTN meningkatkan pengembangan sumber daya manusia (SDM), dan pengamanan data perseroan.

Direktur Utama BTN, Nixon LP Napitupulu mengatakan, BTN Ecopark Gandul akan menjadi pusat belajar yang nyaman, dan lengkap bagi karyawan BTN. Berkonsep modern, dan ramah lingkungan (eco-friendly). Melalui fasilitas itu, BTN menerapkan prinsip keberlanjutan, dan menjalankan misi untuk menjadi One of Home of Indonesia’s Best Talent.

“BTN bangga dapat membangun BTN Ecopark Gandul sebagai upaya meningkatkan kualitas proses bisnis, dan pengembangan SDM. SDM merupakan bagian dari investasi masa depan. Jadi, ini benar-benar merupakan investasi secara fisik,” tutur Nixon dalam seremoni groundbreaking proyek BTN Ecopark Gandul.

Nixon menuturkan, BTN mulai membenahi, dan melakukan optimalisasi terhadap fixed asset, termasuk tanah, kantor-kantor wilayah (Kanwil), Record Center, dan Learning Center. BTN Ecopark Gandul, akan memiliki Record Center terbesar, dan tersentralisasi, sehingga pengelolaan, pengamanan data, dan dokumen nasabah, termasuk sertifikat rumah dapat lebih tertata, dan efisien. 

Sedang Learning Center baru dilengkapi dormitory dapat mengurangi biaya logistik. “Berdasar perhitungan kami, cukup banyak biaya bisa dihemat kalau memiliki gedung sendiri ketimbang menyewa. Jadi, kami memutuskan untuk membangun Ecopark Gandul, dan fasilitas serupa di Bandung karena cost dan benefit-nya lebih bagus,” urai Nixon.

Berdiri atas lahan seluas 4,9 hektare area Gandul, Cinere, Depok, BTN Ecopark Gandul menyediakan sarana pendidikan, dan pelatihan komprehensif bagi para pegawai BTN. Fasilitas itu, diharap mewadahi segala kebutuhan pegawai dalam satu kawasan terpadu dengan konsep Green Building, dan Green Neighborhood.

Bangunan BTN Ecopark Gandul akan meliputi fasilitas utama yakni gedung pendidikan dan dormitori bagi peserta pelatihan, Record Center, dan Gedung Arsip. Untuk mendukung aktivitas para peserta pelatihan dengan nyaman dan sehat, BTN Ecopark Gandul akan dilengkapi sejumlah sarana olahraga dan lapangan sepakbola, Kantor Cabang Pembantu (KCP) BTN, Auditorium, Masjid, Foodcourt, dan Danau Resapan.

“Melalui konsep eco-friendly, BTN Ecopark Gandul menjadi bukti nyata upaya BTN menerapkan strategi mendukung percepatan inovasi hijau. Sebagai bank yang konsisten menerapkan prinsip keberlanjutan, BTN memastikan setiap operasional bisnis selalu fokus pada clean banking operations, yakni pengurangan emisi karbon secara menyeluruh setiap aspek bisnis perseroan,” ujar Nixon.

Nixon mengatakan, BTN Ecopark Gandul akan menjadi percontohan dalam penerapan bangunan, dan area hijau, dengan konsep berfokus pada tiga prinsip utama, yakni penghematan sumber daya, pencegahan pencemaran lingkungan, dan desain mendukung kelangsungan hidup manusia. Itu sejalan penerapan prinsip-prinsip Lingkungan Hidup (Environment), Sosial (Social), dan Tata Kelola (Governance) atau ESG  terangkum dalam BTN ESG Framework 2023-2028.

Melalui roadmap itu, BTN terus meningkatkan praktik-praktik ESG dapat mengakselerasi dampak positif terhadap lingkungan, ekonomi, dan masyarakat, sehingga dapat mencapai cita-cita perseroan untuk menjadi ESG Champion atau bank dengan peringkat AAA unggul dalam penerapan ESG.

“BTN Ecopark Gandul akan menjadi fasilitas efisien dalam pemanfaatan lahan, pemakaian energi dan air, kenyamanan interior hingga pengelolaan sampah, dan limbah, dengan target sertifikasi platinum dari Green Building Council Indonesia (GBCI),” tukas Nixon.

Proses pembangunan BTN Ecopark Gandul dibagi menjadi tiga tahap, dan diharap rampung pada 2027. Pada tahap pertama hingga 2025, BTN akan fokus membangun infrastruktur dasar, Learning Center, Dormitory, Record Center, Sarana Olahraga, dan Lapangan Sepakbola. 

Kemudian edisi 2025-2026, pembangunan infrastruktur tetap berjalan dengan tambahan Learning Center, dan Gedung Arsip. Sedang tahap ketiga atau terakhir, BTN menargetkan pembangunan KCP, Kantor Operasional, Auditorium, Masjid, Foodcourt, Recovery Center, dan BTN Club. 

Selain pembangunan BTN Ecopark Gandul, BTN juga telah memulai proyek pembangunan Learning Center dan Dormitory Eksekutif seluas 3,1 hektare di kawasan strategis Dago, Bandung, Jawa Barat. Serupa dengan tujuan BTN Ecopark Gandul, proyek Dago untuk meningkatkan kualitas SDM lingkungan BTN. Kedua proyek itu, merupakan inisiatif strategis BTN bertujuan untuk memanfaatkan lahan perseroan agar menjadi aset produktif. 

Nixon berharap BTN Ecopark Gandul dapat mendukung tujuan perseroan untuk membangun operasional bisnis berdampak positif bagi kesejahteraan sosial, lingkungan hidup, dan keberlanjutan perusahaan di masa depan. ”Kami meyakini, upaya strategis ini akan mampu mengarahkan BTN mengatasi berbagai tantangan yang akan muncul seiring makin besarnya perseroan sebagai sebuah organisasi yang menjalankan fungsi intermediasi bagi perekonomian,” pungkasnya. (*)