EmitenNews.com - Dari Tembagapura, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan tidak ada kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi. Jokowi menyebutkan kenaikan harga pertalite, dan solar subsidi itu, masih dalam kajian pemerintah. Sebelumnya, santer terdengar pemerintah akan menaikkan harga BBM subsidi per Kamis (1/9/2022).


"Terkait harga BBM subsidi masih dalam proses perhitungan yang sangat hati-hati. BBM semuanya masih pada proses dihitung, dikalkulasi dengan hati-hati," tegas Presiden Jokowi, di Tembagapura, Mimika, Papua, Kamis (1/9/2022).


Presiden Jokowi dan rombongan berada di Tembagapura, antara lain untuk meresmikan teknologi 5G mining di Tera Shop, Tembagapura. Jokowi bahkan mengulangi perkataannya sebagai penegasan. "Masih dalam proses dihitung dengan kehati-hatian," tegasnya.


Sebelumnya diberitakan, pemerintah segera menaikkan harga BBM subsidi karena sudah membebani APBN. Kabarnya, harga baru Pertalite dan Solar sudah dikantongi Presiden. Dua jenis BBM subsidi tersebut memang santer dikabarkan bakal naik dalam waktu dekat.


Beberapa alternatif kenaikan harga Pertalite, yaitu akan berada di kisaran Rp8.500-10.000 per liter. Kenaikan harga Pertalite itu kabarnya tinggal menunggu keputusan Jokowi.


Saat ini harga BBM Pertalite yang dijual di SPBU Rp7.650 per liter, sementara harga BBM Solar Subsidi hanya Rp5.150 per liter.


Kepastian waktu kenaikan harga Pertalite dan Solar Subsidi ini tinggal diputuskan oleh Presiden Jokowi. Dalam Rapat terbatas (ratas) di Istana Negara Jakarta, Senin (29/8/2022), Jokowi masih belum memberi tahu jadwal kapan harga baru BBM ini akan diumumkan. "Semua peserta rapat dengan Presiden kemarin juga nggak ada yang dikasih tahu."


Ternyata di saat ramainya isu kenaikan harga BBM subsidi, Kamis ini, PT Pertamina (Persero) malah menurunkan sejumlah harga BBM nonsubsidi. Di antaranya, jrnis Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex turun.


Pertamax Turbo turun Rp2.000/liter. Dexlite turun Rp700/liter, sedangkan Pertamina Dex turun Rp1.500/liter. Harga baru Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex berlaku mulai Kamis, 1 September 2022. ***