EmitenNews.com - Ini strategi PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGAS), atau PGN merambah pasar lebih luas. Subholding Gas PT Pertamina (Persero) itu, berkolaborasi dengan Gunvor Singapore Pte Ltd guna merealisasikan potensi perdagangan gas bumi dan gas alam cair (Liquefied Natural Gas/LNG) di pasar global serta memperluas kerja sama bisnis lainnya.


"Kerja sama ini menjadi bagian dari strategi Pertamina memonetisasi portofolio LNG dan perusahaan kami memiliki potensi cukup besar untuk kolaborasi bisnis lainnya. Kami sangat menantikan untuk membuka peluang bisnis tersebut," ujar CEO Subholding Gas Pertamina, PGN, M Haryo Yunianto di Jakarta, Jumat (1/7/2022).


Untuk kerja sama itu, PGN dan Gunvor telah memasuki proses Master Sales and Purchase Agreement (MSPA) and Confirmation Notice (CN) untuk pasokan LNG. Pasokan LNG dari PGN ini akan melengkapi portofolio LNG milik Gunvor selaku perusahaan trading independen terbesar.


Haryo Yunianto mengatakan, Pertamina sebagai Holding Migas akan mendukung suplai LNG dari portofolio Pertamina untuk bisnis PGN ke pasar internasional.


Menurut Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN, Heru Setiawan, sinergi dengan Gunvor membuka kesempatan dan mengembangkan pasar LNG, serta menambah pasar yang sudah terlebih dahulu dijangkau Pertamina. Berpartner dengan perusahaan Singapura itu, memungkinkan PGN masuk ke pasar baru, yang sebelumnya aksesnya cukup terbatas.


“Kolaborasi ini unik dan memiliki potensi menjadi suatu solusi dalam penyediaan energi di regional maupun negara-negara lainnya," ujar Heru Setiawan.Sementara itu Co-Head of LNG Trading for Gunvor Ksenia Alleyne mengaku senang memasuki transaksi LNG dengan PGN. Ia memastikan akan memperkuat kerja sama yang telah terjalin dengan Pertamina Group. Ia berharap kerja sama ke depan dengan PGN dapat membentuk penyediaan LNG yang kompetitif dan andal di pasar global. “Kerja sama ini akan membuka lembaran baru bagi perusahaan dan memungkinkan kerja sama yang lebih luas di seluruh dunia."


Portofolio bisnis PGN dominan di Indonesia, namun untuk memasuki pasar internasional, PGN membutuhkan mitra strategis untuk mempercepat penetrasi dan komersialisasi bisnis. PGN dan Pertamina Group terus mengoptimalkan peran agar pengembangan bisnis PGN di sektor perdagangan LNG internasional dapat berkembang.


Gunvor adalah salah satu perusahaan perdagangan terbesar di dunia dalam menciptakan solusi logistik memindahkan bahan bakar atau energi secara aman dan efisien dari sumber serta penyimpanannya ke tempat yang paling membutuhkan.


Pada 2021 Gunvor mencetak pendapatan sebesar USD135 miliar dari 240 juta MT volume komoditas energi dan merupakan pedagang LNG independen terkemuka di dunia.


Perusahaan itu juga memiliki investasi strategis pada infrastruktur industri kilang, pipa, penyimpanan, dan terminal yang melengkapi bisnis inti dan menghasilkan nilai yang berkelanjutan bagi pelanggan di seluruh rantai pasokan global. ***