EmitenNews.com - PT Astra Otoparts Tbk (Perseroan) (AUTO) selama semester pertama 2022 mencatatkan laba bersih konsolidasian sebesar Rp 432 miliar, naik 62% dibandingkan tahun sebelumnya. Kenaikan tersebut disebabkan oleh adanya kenaikan permintaan suku cadang baik dari pasar pabrikan otomotif maupun pasar suku cadang pengganti.


Meskipun proses operasional bisnis Perseroan turut terdampak oleh proses pemulihan pandemi Covid-19 dan kondisi makro ekonomi yang dinamis akibat situasi geopolitik Rusia-Ukraina, Perseroan konsisten menunjukkan kinerja positif. Implementasi operational excellence difokuskan Perseroan melalui pengelolaan modal kerja, peningkatan produktivitas, diversifikasi produk non otomotif, dan inisiasi Perseroan dalam ekosistem kendaraan listrik.


Perseroan tetap mampu mencatatkan peningkatan pendapatan bersih sebesar 20% dibandingkan tahun sebelumnya menjadi Rp 8,6 triliun. Aset bersih Perseroan juga mengalami peningkatan sebesar 4% dibandingkan posisi 31 Desember 2021 menjadi Rp 17,6 triliun.


Segmen Usaha Manufaktur

 

Pada segmen usaha manufaktur, Perseroan menjalin kerjasama dengan mitra bisnis ternama dunia untuk memproduksi berbagai macam produk suku cadang yang melayani hampir seluruh pabrikan otomotif dan pasar suku cadang pengganti di Indonesia, baik untuk kendaraan roda dua, kendaraan roda empat, kendaraan komersial, dan lainnya. Sepanjang semester pertama 2022, segmen usaha manufaktur Perseroan menyumbang pendapatan bersih sebesar 52% atau sebesar Rp 4,5 triliun.


Segmen Usaha Perdagangan

 

Dengan didukung jaringan distribusi domestik maupun internasional juga jaringan perdagangan ritel modern dengan nama Shop&Drive, Shop&Bike, Motoquick, dan Astra Otoservice, serta platform perdagangan online www.astraotoshop.com yang menjual baik produk otomotif maupun non otomotif, segmen usaha perdagangan Perseroan menyumbangkan pendapatan bersih sebesar 48% atau sebesar Rp 4,1 triliun sepanjang semester pertama 2022.


Aksi Korporasi Perseroan dan lainnya

 

Pada tahun 2022, Perseroan memperkenalkan Astra Otopower sebagai fasilitas pengisian Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai yang dapat digunakan oleh semua jenis kendaraan listrik roda empat, serta kembali meluncurkan product innovation berupa Car Air Purifier dan Grin Plasmafan yang dilengkapi ionizer.


Perseroan juga mendukung penerapan Environmental, Social, and Governance (ESG), di antaranya melalui pengurangan emisi gas rumah kaca; pengelolaan energi, air, dan limbah; program kesehatan dan keselamatan kerja; dan program pengembangan komunitas.


Perseroan meraih beberapa penghargaan di antaranya penghargaan Best Role of Stakeholders dari Indonesian Institute for Corporate Directorship, penghargaan di Sektor Otomotif dan Komponen Otomotif dari Bisnis Indonesia, Best 151 Issuers dari Warta Ekonomi, dan penghargaan Saham Terbaik dari Majalah Investor.