EmitenNews.com - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng) dapat segera merealisir tol sungai. Kementerian Perhubungan menjanjikan percepatan dan kemudahan bagi Pemkab Kotim dalam mengurus perizinan terkait program tol Sungai Mentaya. Bupati Kotim Halikinnor mengucapkan terima kasih atas respon positif Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi itu.


"Terima kasih kepada Pak Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang mendukung pembuatan alur yaitu tol sungai. Beliau bahkan menginstruksikan seluruh Dirjen dan jajarannya supaya waktu untuk pengurusan perizinan yang biasanya empat bulan, kalau bisa dipangkas jadi dua bulan saja," kata Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor di Sampit, Senin (8/8/2022).


Sebelumnya, pada Rabu (3/8/2022) Halikinnor didampingi Sekretaris Daerah Fajrurrahman, Direktur PT Alur Mentaya Sejahtera (anak perusahaan BUMD Habaring Hurung), Ahmad Zabidi, dan KSOP Sampit, mengikuti pertemuan di kantor Kementerian Perhubungan di Jakarta.


Dalam kesempatan itu Bupati Halikinnor memaparkan usulan perpanjangan runway atau landasan pacu Bandara Haji Asan Sampit dan program tol sungai yang sedang dijalankan pemerintah daerah.


Bantuan diusulkan kepada pemerintah pusat karena kewenangan perizinannya ada di tingkat pusat. Selain itu, usulan tersebut memerlukan biaya besar sehingga diharapkan dibantu pemerintah pusat dalam APBN.


Bupati Kotim mengungkapkan, saat ini lalu lintas di alur Sungai Mentaya masih terbatas karena hanya bisa dilalui saat sungai sedang kondisi pasang. Jika bisa dilalui 24 jam penuh, dampaknya diyakini sangat besar karena distribusi barang dan jasa semakin lancar. Karena itu, Halikinnor berharap realisasi perizinan tol Sungai Mentaya itu segera terwujud. ***