EmitenNews.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menekankan sebagai salah satu Special Mission Vehicle Kementerian Keuangan, PT. Sarana Multigriya Finansial (SMF) memiliki tantangan besar, terutama terkait masalah affordability dan availability yang dialami masyarakat akibat terus meningkatnya jumlah penduduk dan kian melambungnya harga rumah.


“Ini adalah tantangan pembangunan. Dan hari ini kita juga melihat bahwa tantangan ini nyata dan perlu untuk kita jawab,” tegas Menkeu ketika menghadiri launching SMF Research Institute, sekaligus merayakan ulang tahun ke-19 SMF yang bertempat di Gedung AA Maramis, Jakarta Pusat, Rabu (31/07).


Untuk itu, Menkeu berharap agar SMF Research Institute yang baru diluncurkan dapat memberikan solusi konkret dan inovatif dalam mengatasi masalah perumahan di Indonesia, sekaligus menjadi lembaga yang matang dan dapat diandalkan.


Selain itu, Menkeu juga mendorong agar SMF Research Institute dapat bersinergi dengan lembaga dan instansi terkait lainnya, serta mampu mengembangkan kebijakan fiskal yang agresif, dan merumuskan kebijakan yang lebih jelas untuk mengatasi gap antara supply dan demand di sektor perumahan.


“Ini merupakan sesuatu yang saya harapkan untuk semakin diperkuat sinerginya dari mulai formulasi policy, regulasi, koordinasi antar instrumen, dan kemudian koordinasi di antara berbagai institusi,” tukas Menkeu.(*)