EmitenNews.com - Semangat betul Luhut Binsar Pandjaitan. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi itu, mengatakan semua produsen mobil listrik dunia telah dan akan berinvestasi di Indonesia. Luhut menyebut sejumlah produsen mobil listrik itu, antara lain Wuling asal China, Hyundai asal Korea Selatan, BYD asal China hingga Tesla dari Amerika Serikat.

 

Optimismenya itu diungkapkan dalam Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda 2023 yang dipantau secara daring di Jakarta, Selasa (17/1/2023). Luhut menyebut sejumlah produsen mobil listrik itu, antara lain Wuling asal China, Hyundai asal Korea Selatan, BYD asal China hingga Tesla dari Amerika Serikat.

 

"Ini kalau Anda lihat semua di sini, hampir semua pemain, bukan hampir semua, (tapi) semua pemain besar mobil dunia pun sudah masuk, akan masuk di kita. Terakhir itu BYD yang nomor satu di dunia, nomor dua ada Tesla, Hyundai dan seterusnya," katanya.

 

Luhut juga menyebut perusahaan-perusahaan otomotif tersebut sudah sampai pada tahap finalisasi dan akan segera diumumkan rencana investasinya di Indonesia.

 

Kendati demikian, ia tidak menyebut pabrikan mobil listrik tersebut telah mencapai tahap finalisasi karena BYD dan Tesla sama-sama belum masuk ke Indonesia.

 

"Ini semua sudah memfinalisasi perjanjian-perjanjian Indonesia dengan keputusan kita, EV, yang sudah kemarin di rapat kabinet, dan kita bisa announce (umumkan) segera. Maka pemain-pemain besar dunia itu akan masuk ke Indonesia," kata Menko LBP. ***