EmitenNews.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif berpesan kepada pejabat ESDM yang baru dilantik dapat mengemban amanah serta menjaga kepercayaan yang diberikan pimpinan. Untuk itu, setiap pejabat harus mampu menunjukkan kinerja yang baik.


Arifin mengatakan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang kemarin dilantik merupakan proses rotasi/mutasi di lingkungan Kementerian ESDM sebagai bagian dari penyegaran serta untuk menjawab tantangan saat ini.


"Kementerian ESDM saat ini dihadapkan dengan tantangan yang sangat besar, yaitu belum stabilnya situasi global yang mengakibatkan harga minyak dunia cenderung tinggi, sehingga berdampak terhadap naiknya harga bahan bakar minyak dalam negeri," kata Arifin, Selasa (13/9).


Sebagai bentuk sense of crisis kita dalam rangka mempertahankan keandalan penyediaan energi, khususnya Bahan Bakar Minyak (BBM) diseluruh NKRI, maka pemerintah baru-baru ini melakukan penyesuaian harga BBM dan mengupayakan untuk mengalokasikan subsidi lebih tepat sasaran. Kepada pejabat yang dilantik, Arifin juga meminta untuk dapat melaksanakan kegiatan yang menjadi prioritas.


"Kepada Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas diharapkan dapat meningkatkan pelayanan perizinan kegiatan usaha hilir migas dan mengawal kebijakan harga dan subsidi BBM jenis tertentu serta LPG 3kg agar terjangkau masyarakat dan lebih tepat sasaran," ujar Arifin.


Selanjutnya, kepada pejabat eselon 2 di lingkungan BPH Migas diharapkan dapat mengawal program BBM satu harga serta pengaturan ketersediaan dan distribusi BBM agar dapat lebih terjamin. Juga bersama-sama Ditjen Migas merealisasikan program pengembangan jaringan gas bumi di Indonesia agar terus meningkat secara signifikan.


Kemudian kepada Inspektorat Jenderal, Menteri ESDM juga berpesan agar dapat melakukan pengawasan terhadap seluruh proses ini agar semua dapat berjalan dengan baik, lancar, transparan dan akuntabel.


"Saya ingin para pejabat Pimpinan Tinggi ini memahami berbagai tantangan dan sekaligus tanggung jawab yang harus diemban serta bisa menjawab tantangan itu sendiri. Setiap pejabat harus tangguh dan tidak mudah menyerah dalam menghadapi tantangan, namun juga harus mampu bergerak lincah dalam melaksanakan tugas secara profesional," pinta Arifin.


Di akhir sambutannya, Arifin mengingatkan kepada seluruh pejabat dan jajaran Kementerian ESDM untuk tetap menjaga integritas dan tidak menyalahgunakan kewenangan serta berkomitmen melaksanakan tugas untuk kepentingan organisasi.


Kepada seluruh pejabat dan jajaran Kementerian ESDM Arifin minta untuk tetap menjaga integritas dan tidak menyalahgunakan kewenangan serta berkomitmen melaksanakan tugas untuk kepentingan organisasi.(fj)