EmitenNews.com - Sekretaris perusahaan memiliki peranan sangat penting dalam penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance/GCG). Di masa penuh perubahan dan ketidakpastian, tantangan dan tuntutan kepada profesi sekretaris perusahaan semakin besar. Untuk menghadapi berbagai tantangan Indonesia Corporate Secretary Association (ICSA) mengumumkan kepengurusan yang diketuai Katharine Grace.

ICSA menyadari akselerasi pada pengembangan profesi sekretaris perusahaan sangat dibutuhkan, melalui penguatan pada jajaran kepengurusan serta terobosan program-program kerja baru, ICSA sebagai asosiasi pengembang profesi sekretaris perusahaan di Indonesia yang mendorong standar tata kelola yang baik berskala internasional.

ICSA telah melaksanakan Rapat Umum Anggota (RUA) periode 2024, pada Selasa (19/6/2024), dan mengangkat Katharine Grace sebagai Ketua Umum ICSA periode 2024-2027, efektif per tanggal 19 Maret 2024. Dalam rapat tersebut, para anggota juga menyetujui hasil Laporan Kegiatan tahun 2021-2024, Laporan Keuangan tahun 2021-2024, serta menyetujui perubahan Anggaran Dasar perkumpulan. 

Undangan partisipasi kepengurusan kepada anggota ICSA dibuka hingga 19 April 2024, hingga jajaran Pengurus periode 2024-2027 dilantik dan dikukuhkan pada 7 Mei 2024. Hadirnya beberapa wajah baru pada susunan pengurus, menjadi salah satu bentuk komitmen ICSA dalam membuka kesempatan seluas-luasnya bagi para anggota untuk berkontribusi dan berperan aktif, serta menjadi ajang pengembangan diri bagi anggota.

Dalam paparannya, Ketua Umum ICSA, Katharine Grace menjelaskan harapannya bahwa ke depan ICSA akan semakin produktif mengembangkan kemampuan sekretaris perusahaan, menjadikan ICSA sebagai asosiasi pengembang profesi sekretaris perusahaan Indonesia yang kuat serta berkomitmen untuk melaksanakan tata kelola yang berkelanjutan. 

Hal tersebut akan diwujudkan melalui Misi ICSA, yakni mendorong kemajuan Pasar Modal Indonesia melalui Kerjasama dengan regulator, SRO, asosiasi profesi dan Lembaga atau institusi terkait. Lainnya, meningkatkan jumlah anggota yang meliputi Sekretaris Perusahaan, profesi, akademisi dan mahasiswa.

ICSA juga akan mengembangkan sistem pendidikan dan pelatihan sekretaris perusahaan dengan standar tata kelola internasional, mengembangkan standarisasi profesi sekretaris Perusahaan. Juga turut terlibat dalam proses pembuatan peraturan dan melakukan sosialisasi atas Peraturan-Peraturan tersebut, dan berpartisipasi aktif dalam perkembangan tata kelola yang berkelanjutan di tingkat internasional.

“Kemudian melakukan publikasi dan membuka komunikasi yang baik dengan para pemangku kepentingan dengan menggunakan media termasuk media sosial,” kata Katharine Grace, yang juga Sekretaris Perusahaan PT Bank Permata Tbk. 

Kepengurusan ICSA 2024-2027, dilengkapi dengan dewan pengawas, selain dewan pengurus, diperkuat sejumlah bidang, semisal bidang kerja sama, dan kelembagaan, organisasi dan keanggotaan, serta bidang edukasi, dan lain sebagainya. ***