EmitenNews.com - Balap MotoGP perdana di Indonesia, yang bakal digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Maret 2022, bakal banjir penonton. Gelaran MotoGP Mandalika itu, diprediksi akan dihadiri oleh sekitar 64 ribu pengunjung dari seluruh dunia. Rencananya, Sirkuit Mandalika menggelar tes pramusim MotoGP, Februari 2022 dan sesi race pada Maret 2022. Seluruh tiket paling mahal seharga Rp15 juta, sudah ludes.


Untuk menghadiri ajang besar tingkat internasional di Sirkuit Mandalika itu, tiket MotoGP Mandalika sudah dijual sejak 6 Januari 2022 lalu dengan rentang harga Rp115 ribu hingga Rp15 juta. Sejauh ini dilaporkan, tiket MotoGP Mandalika termahal seharga Rp15 juta semua sudah ludes.


Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto memastikan kesiapan Nusa Tenggara Barat dalam menyambut ajang MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika itu. Selain infrastruktur, proses vaksinasi untuk warga juga bakal dikebut.


Dalam konferensi pers secara virtual, Senin (10/1/2022), Airlangga Hartarto, yang juga Koordinator PPKM Luar Jawa dan Bali mengatakan, untuk gelaran MotoGP yang akan ditonton mendekati 64 ribu orang itu, kota-kota di NTB sudah siap dengan protokol kesehatan, termasuk vaksinasi Covid-19.


Kota Mataram, kata Airlangga Hartarto, sudah siap dengan vaksinasi dosis kedua, sudah 78 persen, Lombok Barat sudah 57,9 persen, Lombok Tengah 61 persen, Lombok Timur 57 persen, dan Lombok Utara 69 persen. Diharapkan Januari, Februari, Maret, dosis ketiganya bisa dilaksanakan.


Sirkuit Mandalika memang belum sempurna untuk menggelar acara sebesar MotoGP. Oleh sebab itu pembangunan infrastruktur dan fasilitas terus dikebut sejak awal tahun 2022.


PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) tengah menyiapkan perbaikan akses keluar masuk kendaraan, pedestrian dan saluran drainase di sekitar Sirkuit, penataan landscape serta menyelesaikan pembangunan Pit Building (non modular part).


Untuk menggelar MotoGP, grand stand atau tribun di Sirkuit Mandalika juga akan ditambah di 11 titik yang mengelilingi sirkuit. Penambahan grand stand ini diperlukan sebagai antisipasi jumlah penonton MotoGP yang diperkirakan lebih banyak daripada WSBK. Seluruh pekerjaan ini ditargetkan selesai pada awal Maret 2022. ***