EmitenNews.com - Garuda Indonesia (GIAA) menyediakan 14 unit pesawat berbadan lebar jenis Boeing dan Airbus untuk pengangkutan calon jamaah haji 2024. Tahun ini, maskapai penerbangan nasional itu akan menerbangkan sebanyak 109.000 jamaah calon haji ke Tanah Suci, terbagi dalam 292 kelompok terbang (kloter). Garuda memprioritaskan pelayanan penerbangan haji yang aman dan nyaman bagi jamaah lansia. 

"Total jemaah yang akan dibawa ada 109 ribu jemaah haji dengan komposisi yang cukup," ucap Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra kepada pers, di Tangerang, Banten, Rabu (8/5/2024).

Sebanyak 109 ribu jamaah calon haji asal Indonesia ini, telah terbagi dalam 292 kelompok terbang.

Mereka akan diberangkatkan dari sembilan embarkasi yaitu Jakarta, Medan, Padang, Aceh, Solo, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar, dan Lombok.

"Penerbangan awal akan kita lakukan dari Jakarta dan Solo. Dan dimulai pada tanggal 12 Mei 2024," katanya.

Masa angkutan haji saat ini telah memiliki berbagai catatan dalam pengoperasian layanan penerbangan setelah berkaca pada musim haji tahun lalu.

Garuda Indonesia akan memprioritaskan pelayanan penerbangan haji yang aman dan nyaman bagi jamaah lansia. Juga bagi mereka yang jarang atau belum pernah melakukan penerbangan jarak jauh.

"Kami menambah fasilitas untuk lansia dan embarkasi kita sediakan atau tambahkan kursi roda serta tambahan petugas untuk membantu mereka keluar masuk pesawat," ujar Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra. ***