EmitenNews - Elon Musk kembali mengambilalih gelar sebagai orang terkaya di planet ini menyalip bos Amazone, Jeff Bezos. Menurut Bloomberg's Billionaires Index, Musk kembali ke peringkat teratas berkat reli saham Tesla di pasar saham seminggu terakhir.


Bloomberg menaksir kekayaan Musk saat ini mencapai USD182 miliar, hanya berselisih USD1 miliar dari Bezos yang tergeser di urutan kedua dengan USD181 miliar.


CEO Tesla, SpaceX, dan sejumlah bisnis lain ini naik ke puncak daftar orang terkaya dunia karena lonjakan saham Tesla sepekan belakangan ini, yang menyebabkan kekayaan bersihnya bertambah lebih dari USD3 miliar pada hari Senin.


Aksi jual saham Tesla pada akhir Februari 2021 lalu sempat memberi Bezos keunggulan. Tetapi belakangan harga saham produsen mobil ini meroket lebih dari 25 persen sejak mencapai level terendah 2021 pada 8 Maret.


Fluktuasi harian saham Tesla dan Amazon di bursa saham AS membuat kedua miliarder saling salip satu sama lain secara bergantian merebut gelar "terkaya di dunia". Pergerakan sedikit saja harga dua saham teknologi itu cukup untuk membuat kedua juragannya bertukar posisi. Karena sebagian besar terkait langsung dengan ekuitas.


Reli saham Tesla pada 7 Januari 2021 lalu meningkatkan kekayaan bersih Musk miliaran dolar, sehingga menyalip Bezos dan menjadi orang terkaya di bumi untuk pertama kalinya. Tetapi ketika saham Tesla jatuh sekitar 2 persen pada pertengahan Februari, kekayaan Musk langsung tergerus hampir USD5 miliar. Sehingga Bezos kembali mengambilalih. Namun, saham Amazon tetap di bawah level tertingginya pada September 2020.


Kekayaan dua miliarder ini melonjak secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir karena saham Amazon dan Tesla yang meroket luar biasa. Sepanjang 2020 saja harga saham Tesla melonjak lebih dari 700 persen yang membuat kocek Musk bertambah hampir USD140 miliar. Padahal pria bernama lengkap Elon Reeve Musk yang lahir di Afrika Selatan, 28 Juni 1971 ini hanya memiliki sekitar 18 persen saham Tesla. Tapi persentase itu cukup menjadikannya pemegang saham terbesar produsen mobil listrik. Dia juga merupakan CEO dengan bayaran tertinggi di dunia pada tahun 2019.


Sedangkan saham Amazon meningkat lebih dari lima kali lipat selama lima tahun terakhir, yang melambungkan Bezos jadi orang pertama di dunia yang memiliki kekayaan lebih dari USD200 miliar. Bezos kehilangan sebagian besar kekayaan bersihnya setelah perceraiannya pada 2019. Perceraian itu membuat Bezos harus membagi 25 persen sahamnya di Amazon kepada sang isteri, MacKenzie Scott, yang dinikahinya 25 tahun lalu dan memberi mereka empat orang anak. Meski hanya 25 persen, harta gono-gini yang diterima Mackenzie cukup besar, yakni sekitar USD35 miliar atau setara dengan Rp502 triliun.


Orang terkaya berikutnya di Bloomberg Billionaires Index adalah Bill Gates dari Microsoft, CEO LVMH Bernard Arnault, dan pendiri Facebook Mark Zuckerberg.(*)