EmitenNews.com - Indeks harga saham gabungan atau IHSG mengalami koreksi wajar di perdagangan Selasa (29/3) pasca uji resistance 7050 di Senin (28/3).


Meski demikian, akumulasi net buy investor asing masih berlanjut di perdagangan Rabu (30/3) kemarin. Akumulasi net buy mencapai Rp5.8 triliun dalam sepekan terakhir.


Dengan demikian, analis Phintraco Sekuritas, Valdy Kurniawan menilai IHSG masih berpeluang kembali uji resistance 7.050, jika bertahan di level 7.000 pada perdagangan hari ini.


Saham-saham yang diunggulkan Phintraco hari ini meliputi AGII, AMRT, CTRA, KLBF, MAPI, SCMA dan SMDR.


Katalis positif eksternal berasal dari dimulainya pertemuan antara delegasi Rusia dengan Ukraina di Turki. Pertemuan yang dibuka oleh Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan Selasa (29/3) waktu setempat. bertujuan mencari kesepakatan damai antara kedua negara.


Dari dalam negeri, pelaku pasar mencermati perkembangan kondisi sektor manufaktur di tengah tren kenaikan harga komoditas dan inflasi yang diperkirakan meningkat signifikan di Maret 2022.


"Keduanya dapat menjadi salah satu indikator mengukur dampak lonjakan inflasi global akibat perang Rusia-Ukraina terhadap ekonomi Indonesia," kata Valdy.(fj)