EmitenNews.com - Tidak ingin terus terlibat dalam kontroversi, Baim Wong mengaku salah, dan meminta maaf, kemudian mencabut pendaftaran merek Citayam Fashion Week (CFW). Lewat perusahaannya PT Tiger Wong, ia mengajukan pendaftaran merek CFW sebagai Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI) ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI). Langkah itu, diikuti Indigo Aditya Nugroho yang juga mendaftarkan merek Citayam Fashion Week ke Kementerian Hukum dan HAM.


Lewat video di akun YouTube Baim Paula, seperti dikutip Selasa (26/7/2022), Baim Wong mengumumkan langkahnya mencabut pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual  atas merek Citayam Fashion Week. Lewat akun dengan lebih dari 20 juta subscriber itu, ayah dua anak itu, mengaku jadi belajar lebih jauh mengenai Intellectual Property (IP) atau kekayaan intelektual.


Baim Wong juga merujuk pada Harajuku di Jepang, yang konsepnya seperti Citayam Fashion Week. Jalan tersebut dipenuhi oleh anak muda berpakaian nyentrik. Namun, kekayaan intelektual atas Harajuku tidak dimiliki oleh satu pihak.


"Saya mengerti ini domainnya publik, saya kan belum terlalu mengerti mengenai IP. Harajuku punya Jepang pun tidak ada ininya (IP), karena itu domain publik."


Baim meminta maaf kepada semua pihak atas kekeliruannya. Meski demikian, ia kembali menegaskan bahwa niatannya mendaftarkan Citayam Fashion Week bukan untuk kepentingan pribadi, tapi karena ingin memajukan kawasan tersebut. "Ini pelajaran buat saya. Maaf kalau semua jadi heboh.”


Baim Wong lewat perusahaannya, PT Tiger Wong Entertainment, mendaftarkan merek Citayam Fashion Week ke Kementerian Hukum dan HAM untuk mendaftarkan hak atas penyelenggaraan acara tersebut. Dalam permohonan perusahaan Baim Wong, Citayam Fashion Week disebut sebagai hiburan dalam peragaan busana hingga podcast.


Baim langsung menuai protes karena dituding ingin meraup untung dari CFW. Bahkan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil,, di akun Instagram @ridwankamil, Senin (25/7/2022), menasehati Baim Wong dan istri Paula Verhoeven, agar membatalkan niatnya itu.


"Nasehat saya, tidak semua urusan di dunia ini harus selalu dilihat dari sisi komersial. Fenomena #CitayamFashionWeek itu adalah gerakan organik akar rumput yang tumbuhkembangnya harus natural dan organik pula," tulisnya, di akun Instagram @ridwankamil, Senin (25/7/2022). ***