EmitenNews.com - Squid Game menjadi seri tersukses dari segi penonton yang pernah diluncurkan Netflix saat ini. Perusahaan streaming mencatat debut drama fiksi asal Korea Selatan itu, telah dilihat oleh 111 juta akun sejak tampil perdana pada 17 September 2021.


Sebagai gambaran, Netflix mengumumkan awal tahun ini 82 juta rumah tangga menonton Bridgerton dalam empat minggu pertama penayangannya. Sementara, Squid Game melewati angka tersebut dalam waktu lebih cepat.


Netflix memasukkan Squid Game menjadi serial nomor 1 di daftar ‘Top 10 Netflix’ di 94 negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Angka-angka tersebut menunjukkan besarnya popularitas serial yang memperkenalkan permainan anak-anak. Namun, perlu diketahui bahwa data peringkat Netflix merupakan data internal dan belum diperiksa oleh sumber mana pun.


Angka 111 juta itu tidak berarti semua orang menonton serial ini dari awal hingga akhir, namun berdasarkan pada metrik akun Netflix yang menonton setidaknya dua menit dari seri tersebut.

 

Andalkan Squid Game

Terlepas dari akuntansi satu sisi internal Netflix, penting diketahui bahwa persaingan raksasa streaming semakin ketat dari hari ke hari, dan Squid Game menunjukkan Netflix tetap di atas karena suatu alasan.


Bagi investor, selama Netflix terus menambah pelanggan, Squid Game telah mencapai ‘zeitgeist’ secara signifikan, dan ‘buzz’ adalah cara terbaik untuk menarik pelanggan baru dan membuat pelanggan saat ini senang.


Serial ini juga mendapatkan ulasan yang bagus, mengumpulkan skor 91 persen di Rotten Tomatoes. Keberhasilan Squid Game menunjukkan kemampuan Netflix untuk membuat hit di seluruh dunia. Netflix memiliki 209 juta pelanggan dan perusahaan telah bekerja untuk menjangkau penonton dalam skala global.


"Squid Game memberi (Netflix) lebih percaya diri bahwa strategi global kami menuju ke arah yang benar. Hari ini, Squid Game telah melampaui mimpi terliar kami," kata Minyoung Kim, wakil presiden konten Netflix untuk Asia Pasifik, tidak termasuk India kepada CNN pada Rabu (13/10/2021) waktu setempat. (LW). ***