EmitenNews.com - Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) mendapat nomor urut 1 peserta Pilpres 2024. Lalu, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

 

Demikian hasil pengundian nomor urut peserta Pilpres 2024, yang dilaksanakan di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (14/11/2023) malam. Pengundian dilakukan dalam rapat pleno terbuka yang dipimpin oleh Ketua KPU Hasyim Asy'ari.

 

Hadir seluruh pasangan capres dan cawapres, serta pimpinan dan jajaran partai politik pengusung. Tidak ketinggalan Bawaslu, DKPP, dan stakeholder terkait lainnya.

 

Acara dimulai dengan gala dinner antara KPU bersama pasangan calon dan parpol pengusung. Kemudian, dilanjutkan dengan pembukaan dan pembacaan tata tertib.

 

Pengambilan undian nomor urut peserta Pilpres 2024 berlangsung dua tahap. Pertama, pengambilan antrean undian nomor urut, dimulai dari pasangan calon yang mendaftar lebih dulu ke KPU: Anies-Muhaimin, Ganjar-Mahfud, dan Prabowo-Gibran.

 

Setelah antrean nomor urut dibuka, dilanjutkan dengan tahap kedua, yakni pengambilan undian nomor urut. Pasangan capres-cawapres yang mendapat antrean pertama diberi kesempatan untuk mengambil undian lebih awal.

 

Hasilnya, pasangan Anies-Muhaimin nomor urut 1, pasangan Prabowo-Gibran nomor urut 2, dan pasangan Ganjar-Mahfud Md nomor urut 3. Nomor urut Pilpres 2024 itu kemudian ditetapkan oleh KPU.

 

Kemudian, pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden secara bersamaan membuka undian nomor urut tersebut. Pasangan capres dan cawapres selanjutnya diberi kesempatan untuk memberikan sambutannya. 

 

Dengan demikian sah sudah tiga pasangan yang akan mengikuti Pilpres 2024 sesuai penetapan KPU RI. Pencoblosan akan berlangsung pada 14 Februari 2024. Siapa pun yang nantinya terpilih, semoga bisa membawa Indonesia lebih maju lagi. ***