EmitenNews.com -Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Dian Ediana Rae menyebutkan, ada sejumlah bank global tengah mengincar perbankan di Indonesia.

 

Kata dia, dalam waktu dekat ini bakal ada bank lokal yang segera dicaplok. "Ada dari Jepang, Korea dan China yang paling menonjol saat ini," ujarnya, Rabu (12/7).

 

Ditambahkan, saat ini ada investor luar yang sedang proses mengakuisisi bank di Indonesia. Namun, tidak menyebutkan secara pasti kapan investor-investor tersebut merealisasikan aksi akuisisi tersebut.

 

Dia bilang, hal tersebut akan sangat tergantung pada proses due diligence yang dilakukan. "Rencana akuisisi tergantung izin dari kita (OJK) juga kan," ujarnya.

 

OJK, lanjut dia, saat ini sedang mempelajari terkait permintaan dari investor-investor tersebut dan apakah cocok dengan bank yang akan diakuisisi.

 

Sayangnya,  tidak disebutkan, bank mana saja yang sedang dibidik oleh para investor asing tersebut.


Ditegaskan bahwa proses akuisisi ini tentu juga tidak mudah, karena membutuhkan kesepakatan dari beberapa pihak. "Nanti setelah semua clear, akan kita sampaikan," paparnya.