EmitenNews.com - PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP) agresif menambah gerai ritel modern bahan bangunan dan home improvement Mitra10. Langkah ini merupakan strategi CSAP untuk terus memacu kontribusi pendapatan dari segmen bisnis ritel.

 

Sekretaris Perusahaan PT Catur Sentosa Adiprana Tbk Idrus H. Widjajakusuma mengungkapkan, penambahan gerai Mitra10 sejalan dengan perkembangan tren bisnis ke depan. Oleh sebab itu, CSAP memfokuskan ekspansi dan belanja modal (capex) untuk memperkuat bisnis ritel modern.

 

"Karena kami tahu segmen ritel itu menjanjikan. Kami fokuskan capex ke ritel, tapi bukan berarti (bisnis) distribusi tidak berkembang, tentu distribusi jalan terus," kata Idrus dalam paparan publik yang digelar Rabu (22/6).

 

CSAP saat ini sudah memiliki 44 toko Mitra10. Hingga tutup tahun 2022, CSAP menargetkan jumlah Mitra10 akan menjadi 45 toko. 

 

Idrus optimistis CSAP akan mencapai milestone pertama dengan memiliki 50 toko Mitra10 pada tahun 2023.

 

Kemudian, milestone kedua ditargetkan tercapai pada tahun 2030 dengan memiliki 100 toko Mitra10. Pengembangan ritel CSAP tidak hanya berfokus di Jawa dan kota-kota besar, melainkan juga menyasar Luar Jawa dan kota-kota tier kedua.

 

Selain Mitra10, CSAP juga punya 18 showroom Atria sebagai ritel modern home furnishing. Ritel modern CSAP ini berada di sejumlah kota besar seperti di Jabotabek, Cikarang, Karawang, Cirebon, Yogyakarta, Solo, Sidoarjo, Semarang, Tegal Surabaya, Malang, Denpasar, Lampung, Palembang, Batam, Medan, Pekanbaru, Makassar, Balikpapan dan Banjarmasin.

 

Sementara itu, pada segmen distribusi, CSAP memiliki jaringan distribusi bahan bangunan, kimia dan Fast Moving Consumer Goods (FMCG). CSAP memiliki 43 cabang distribusi bahan bangunan di 41 kota besar, 4 cabang distribusi kimia, dan 38 area distribusi FMCG.

 

Hingga kuartal pertama 2022, segmen distribusi masih berkontribusi lebih tinggi terhadap kinerja penjualan CSAP dengan porsi 63%. Sedangkan segmen ritel menopang 37% dari penjualan CSAP.