EmitenNews.com - PT Bank Tabungan Negara (BBTN) terus berinovasi memperluas sayap pemasaran. Misalnya, menggelar program KPR Agent atau disingkat Kangen. Itu dilakukan mengejar pencapaian penyaluran Kredit Pembiayaan Perumahan (KPR) tahun ini, 


Itu merupakan program KPR khusus investor properti yang membeli lewat agen real estate. Baik itu KPR rumah baru atau rumah second. Program Kangen diracik secara khusus tidak hanya menguntungkan dan memudahkan investor, tapi juga mengapresiasi istimewa kepada agen real estate.


”Agen real estate, salah satu tombak pemasaran properti sangat strategis. Pasalnya, BTN mengapresiasi khusus dengan merilis program KPR Agent atau Kangen berisi reward menarik kepada para agen yang berhasil menggaet investor untuk mengambil KPR/KPA di BTN,” tutur Suryanti Agustinar, Executive Vice President Non-Subsidized Mortgage & Personal Lending Division (NSLD) Bank BTN, saat acara Bincang antara Mitra dan Bank Tabungan Negara (Batara) di Surabaya, Jumat (3/12).


Keistimewaan program Kangen, bagi investor atau nasabah menggunakan jasa agen real estate yang sudah bekerja sama dengan BTN untuk Program Kangen untuk mengambil KPR/KPA akan mendapatkan kebijakan uang muka khusus, misalnya untuk rumah tapak/rumah baru, uang muka hanya 1 persen kalau investor adalah debitur memiliki payroll di BTN. Sementara uang muka ringan mulai 10 persen untuk rumah second atau take over kredit.


Besaran uang muka tergantung pada pendapatan debitur, dan fasilitas kredit properti masih dimiliki debitur. Selain uang muka, suku bunga kredit yang ditawarkan juga kompetitif. Di mana, debitur dapat menikmati bunga fixed selama satu atau dua tahun. Tergantung pada sifat pendapatan (tetap atau tidak tetap), dan  pengembang dari properti yang dibeli. 


”Selain itu, bebas biaya administrasi, dan biaya provisi sehingga dapat meringankan debitur. Sementara untuk agent, kami memberikan reward. Misalnya, hadiah langsung hingga hadiah perjalanan wisata tergantung nominal akad KPR yang berhasil dilakukan,” ulas Suryanti.


Program Kangen rilis sejak Maret lalu diproyeksi menggaet lebih dari 500 KPR baru bagi BTN. Untuk memenuhi target itu, BTN bermitra dengan 13 Master Franchise Agent KPR berskala nasional. Meliputi, Century21, Era Indonesia, Ray White Indonesia, LJ Hooker Indonesia, Remax Indonesia, Loan Market, Xavier Marks, Brighton. Promex, Harcourts, Eastons, Propnex, Galaxy. 

Per November 2021, Bank BTN sudah membukukan penyaluran KPR program Kangen senilai hampir  Rp500 miliar. ”Bagi agen-agen ini, kami akan layani secara khusus karena kami menempatkan penanggung jawab untuk melayani aplikasi KPR yang ikut program Kangen,” tambah Iriska Dewayani, Kepala Kantor Wilayah III BTN. (*)