EmitenNews.com - Ini update data pandemi Covid-19 hari ini. Kasus infeksi virus Corona, atau coronavirus disease 2019 (Covid-19) per Ahad (17/4/2022), bertambah 607 penderita. Sedikit lebih banyak, 3 angka, dibanding data tambahan Sabtu (16/4/2022), yang hanya 602 orang. Ini isyarat, agar kita selalu waspada, meski kecenderungan pandemi Covid-19 mulai melandai. Mari terus tegakkan protokol kesehatan secara ketat.


Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengumumkan data terbaru pandemi Covid-19 itu, sesuai informasi yang dirangkum dalam 24 jam terakhir, mulai Sabtu (16/4//2022) siang hingga Minggu pukul 12.00 WIB. Siapa pun bisa mengakses data tersebut melalui laman https://covid19.go.id/, atau situs resmi Kementerian Kesehatan, kemkes.go.id, yang setiap sore diperbarui.


Dengan tambahan sebanyak 605 kasus baru itu, total kasus infeksi virus yang awalnya dikabarkan berasal dari Wuhan, Hubei, China itu, di Indonesia, menjadi 6.039.873 orang. Jumlah itu terhitung sejak Presiden Joko Widodo mengumumkan adanya penderita infeksi virus di Indonesia, Senin (2/3/2020).


Kasus perdana ini, menimpa pasangan ibu dan anak perempuannya, warga Kota Depok, Jawa Barat. Sejak adanya kasus virus Corona tersebut, jumlah penderita infeksi virus SARS-CoV-2 di Tanah Air terus bertambah. Bagusnya, karena saat ini kecenderungan pandemi Covid-19 mulai terus melandai, meski kita tetap harus senantiasa waspada.


Satgas Penanganan Covid-19 juga melaporkan pasien sembuh dari infeksi virus Corona bertambah 2.782, meninggal 22. Data-data itu diperoleh dari pemeriksaan  103.057 spesimen dari seluruh Indonesia. Harap dicatat, kemungkinan ada orang menjalani tes spesimen lebih dari sekali..


Meski ada tanda-tanda terus melandai, oemerintah menekankan pentingnya perilaku 5M –memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas.


Berdasarkan penelitian, rajin mencuci tangan bisa menurunkan risiko penularan virus, termasuk virus Corona sebesar 35 persen.ementara itu, jika rajin memakai masker kain, bisa mengurangi risiko penularan virus Corona hingga 45 persen. Kalau menggunakan masker medis, risiko penularan berkurang hingga 75 persen.


Jadi, mari terus menegakkan protokol kesehatan secara ketat. Ini penting, untuk memutus mata rantai pandemi Covid-19, yang telah melanda negeri kita sejak Senin, 2 Maret 2020, saat kasus perdana diumumkan Presiden Jokowi. Setelah itu kita berharap virus SARS-CoV-2 ini, enyah dari Tanah Air. ***