EmitenNews.com – Memasuki kuartal I tahun 2022, Self-Regulatory Organization (SRO) yang terdiri dari PT Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dengan dukungan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kembali menyelenggarakan kegiatan corporate social responsibility (CSR) dalam rangka 44 Tahun Diaktifkannya Kembali Pasar Modal Indonesia (HUT ke-44 Pasar Modal Indonesia). Pelaksanaan sentra vaksinasi tersebut merupakan inisiatif SRO untuk meningkatkan herd immunity yang diharapkan dapat mengakhiri masa kritis Pandemi COVID19.

 

Kali ini, SRO bersama dengan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) dan Polres Metro Depok menyelenggarakan sentra vaksinasi untuk para mahasiswa, kalangan UPNVJ, maupun masyarakat umum. Pelaksanaan sentra vaksinasi kerja sama antara SRO, ISEI dan UPNVJ tersebut sekaligus menjadi sentra vaksinasi pertama dalam rangka CSR HUT ke-44 Pasar Modal Indonesia yang menyediakan vaksin booster. 


Berdasarkan data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) per 27 Maret 2022, jumlah masyarakat yang telah memperoleh vaksin booster baru mencapai 9,6%. Terlebih lagi, vaksin booster menjadi salah satu prasyarat bagi masyarakat yang akan mengadakan perjalanan mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri pada awal Mei 2022 mendatang. 


Turut hadir dalam penyelenggaraan sentra vaksinasi di UPNVJ Kepala Departemen Pengawasan Pasar Modal 1A OJK Luthfy Zain Fuady beserta jajaran, Ketua ISEI Jaya Inarno Djajadi, Ketua Bidang Sosial dan Kemasyarakatan ISEI Uriep Budhi Prasetyo, Pengarah HUT ke-44 Pasar Modal Indonesia Sunandar, Ketua Panitia HUT ke-44 Pasar Modal Indonesia Syafruddin, dan Rektor UPN Veteran Jakarta Dr. Erna Hernawati. 


Sentra vaksinasi kerja sama SRO, ISEI dan UPNVJ tersebut merupakan lanjutan kegiatan CSR HUT ke-44 Pasar Modal Indonesia yang mulai dilaksanakan sejak Agustus 2021 lalu. Dilaksanakan pada 30 Maret 2022 di Kampus UPNVJ, sentra vaksinasi menargetkan 500 akseptor baik untuk vaksin dosis satu, dosis dua maupun vaksin booster dengan jenis vaksin Sinovac dan Astra Zeneca. 


Kepala Departemen Pengawasan Pasar Modal 1A OJK Luthfy Zain Fuady dalam sambutannya menyampaikan, “Pelaksanaan kegiatan sentra vaksinasi diharapkan dapat mendukung pemerintah dalam mempercepat penanganan pandemi melalui perluasan dan akselerasi vaksinasi, sehingga pada akhirnya dapat mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Kerja sama dan sinergi vaksinasi dengan berbagai Pihak seperti hari ini dengan UPNVJ dan ISEI akan terus kami lakukan khususnya bagi seluruh pegawai, mahasiswa maupun masyarakat,” kata Luthfy.


Sentra vaksinasi masih menjadi salah satu kegiatan yang mendapat perhatian dan kerap diselenggarakan dalam rangka CSR HUT ke-44 Pasar Modal Indonesia. Direktur KSEI yang menjabat sebagai Ketua Panitia HUT ke-44 Pasar Modal Indonesia Syafruddin mengatakan, “Hingga pertengahan Maret 2022, pasar modal Indonesia telah mendukung pelaksanaan lebih dari 1 juta dosis vaksin di berbagai provinsi di Indonesia. Momen untuk melanjutkan kegiatan dengan vaksinasi booster tepat untuk dilakukan saat ini, ketika penambahan kasus harian semakin rendah. Di sisi lain, pembatasan kegiatan juga sudah dilonggarkan,” kata Syafruddin. Mewakili pasar modal Indonesia, Syafruddin menyampaikan harapan agar kegiatan vaksinasi di UPNVJ dapat menekan potensi kenaikan jumlah kasus, terutama saat Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri mendatang. 


Direktur Utama BEI Inarno Djajadi selaku Ketua ISEIJaya menyampaikan, “Kegiatan ini merupakan bentuk nyata kepedulian kita bersama untuk menanggulangi dan memutus mata rantai COVID-19 demi terciptanya pemulihan ekonomi,” pungkas Inarno. Lebih lanjut Inarno menambahkan, selain kegiatan sentra vaksinasi, ISEI juga melaksanakan bakti sosial untuk para peserta vaksin yang ditargetkan berjumlah minimal 500 orang. Sementara itu, Ketua Bidang Sosial dan Kemasyarakatan ISEI sekaligus Direktur Utama KSEI Uriep Budhi Prasetyo menyatakan program sentra vaksinasi ini merupakan upaya untuk membantu pemerintah dalam penanggulangan dan pencegahan penyebaran COVID-19, serta membentuk herd immunity bagi masyarakat. 


Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UPNVJ, Dr. dr. Ria Maria Theresa, SpKj. MH turut menyampaikan, “UPN Veteran Jakarta sudah beberapa kali menyelenggarakan kegiatan vaksinasi dan dipercaya oleh beberapa pihak, dan pada kegiatan vaksinasi kali ini persiapan yang kami siapkan sama pada kegiatan vaksinasi yang sebelumnya, yaitu kami menyiapkan beberapa hal dimulai dari alur masuk, pengecekan suhu, pengisian data, screening pasien, vaksinasi sampai dengan observasi setelah vaksin,” jelas dr. Ria. “Dalam persiapannya kami kekurangan tenaga medis dikarenakan waktu vaksinasi bertepatan dengan jadwal Ujian Tengah Semester Mahasiswa-Mahasiswi kami, tetapi lebih dari itu semuanya aman terkendali dan tidak ada kendala yang berarti,” lanjutnya.