EmitenNews.com -  PT Lautan Luas Tbk (LTLS) mendapatkan peringkat (rating) idA dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO) dengan prospek perusahaan stabil. Sebagai informasi, PEFINDO mempertahankan peringkat obligasi dan kredit korporasi PT Lautan Luas Tbk.

 

PEFINDO menegaskan peringkat idA untuk Obligasi Berkelanjutan (SR) II Tahap II Tahun 2017 Seri B PT Lautan Luas Tbk (LTLS) senilai Rp285,5 miliar yang akan jatuh tempo pada 28 November 2022. Perusahaan berencana untuk melunasi obligasi yang akan jatuh tempo tersebut dengan menggunakan kas internal dan fasilitas kredit dari eksternal. 

 

Sebelumnya PEFINDO juga telah memberikan rating sama yakni iDA. Artinya prospek untuk peringkat kredit korporasi perusahaan adalah ‘kuat’.

 

Obligor dengan peringkat idA memiliki kemampuan yang kuat dibanding obligor Indonesia lainnya untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjangnya. Walaupun demikian, kemampuan obligor mungkin akan terpengaruh oleh perubahan buruk keadaan dan kondisi ekonomi dibandingkan obligor dengan peringkat lebih tinggi.

 

Investor Relations Manager Lautan Luas (LTLS) Eurike Hadijaya menjelaskan peringkat ini merefleksikan posisi perseroan yang semakin kuat di industri manufaktur tanah air.

 

“Dengan membaiknya credit profile dan meningkatnya credit rating yang diberikan oleh Pefindo, kami melihat impact yang positif terhadap Perseroan. Suku bunga dan beban bunga Perseroan diharapkan akan menjadi lebih baik, yang akan berdampak pula pada peningkatan kinerja Perseroan,” jelas Investor Relations Manager Lautan Luas (LTLS) Eurike Hadijaya dalam keterangan pers.

 

Pada semester I-2022, PT Lautan Luas (LTLS) mencatat pendapatan sebesar Rp 4,06 triliun. Jumlah tersebut naik 32% dibanding periode sama tahun sebelumnya. Perolehan laba bersih LTLS juga berhasil naik menjadi Rp 181 miliar atau melonjak 134% dari periode sama tahun sebelumnya sebesar Rp 77 miliar. Per 30 Juni 2022, Perusahaan memiliki kas dan setara kas senilai Rp245,2 miliar

 

Secara ratio leverage, posisi hutang berbunga terhadap ekuitas menguat dari 0,7x pada akhir 2021 menjadi 0,5x pada periode Juni 2022. Sedangkan hutang berbunga terhadap EBITDA menguat dari 2,4x pada akhir 2021 menjadi 1,9x pada periode Juni 2022.

 

Didirikan tahun 1951, PT Lautan Luas Tbk mengawali usahanya sebagai importir dan distributor bahan kimia dasar untuk industri batik dan makanan di Indonesia. PT Lautan Luas Tbk sekarang memiliki 11 anak usaha manufaktur (9 di Indonesia, 2 di Tiongkok), mendistribusikan lebih dari 1.000 produk kimia, dan melayani lebih dari 2.000 pelanggan dari sektor industri diseluruh Indonesia dan kawasan Asia Pasifik.