EmitenNews.com - Pefindo menegaskan peringkat idAAA untuk PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia atau Bank) dan obligasi yang masih beredar. Prospek peringkat perusahaan adalah stabil.


Peringkat Perusahaan terutama didorong oleh kemungkinan tingkat dukungan yang sangat kuat dari Malayan Banking Berhad (Grup Maybank atau Induk). Profil Maybank Indonesia sendiri didukung oleh posisi pasar yang kuat, profil likuiditas yang sangat kuat dan indikator permodalan yang sangat kuat.


Namun, peringkat tersebut dibatasi oleh profil kualitas aset dan indikator profitabilitas yang moderat.


Peringkat dapat diturunkan jika tingkat dukungan dari Induk menurun secara signifikan, yang dapat tercermin dari penurunan tingkat kepemilikan saham yang signifikan atau kontribusi yang lebih rendah terhadap Induk. Maybank Indonesia bergerak di jasa perbankan konvensional dan syariah.


Pemegang saham utama Maybank Indonesia adalah Sorak Financial Holdings Pte. Ltd. (45,02%) dan Maybank Offshore Corporate Services (Labuan) Sdn Bhd (33,96%). Keduanya anak perusahaan Maybank.


Vital Solution Fund memiliki 8,73% saham dan sisanya 12,29% saham dimiliki oleh masyarakat. Per 31 Desember 2023, Maybank Indonesia memiliki 337 kantor cabang dan 6.537 karyawan.(*)