EmitenNews.com - Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menegaskan peringkat idB Waskita Beton Precast (WSBP). Rating itu juga berlaku untuk seluruh obligasi telah diterbitkan. Prospek atas peringkat perusahaan tersebut stabil.

Peringkat tersebut mencerminkan posisi Waskita Beton mapan di industri pracetak, tetapi dibatasi profil keuangan lemah, dan lingkungan bisnis mudah berubah. Pefindo dapat menaikkan peringkat kalau Waskita Beton berhasil menjalankan transformasi bisnis.

Itu ditunjukkan dari perbaikan manajemen operasional, arus kas secara berkelanjutan, dan mampu memenuhi kewajiban keuangan terjadwal berdasar perjanjian homologasi. Sebaliknya, pefindo dapat melorot peringkat kalau kinerja operasional menurun dibanding proyeksi perusahaan, dan makin memperburuk arus kas untuk memenuhi kewajiban keuangan. 

Berdiri pada 2014, Waskita Beton sebelumnya merupakan divisi pracetak Waskita Karya (WSKT) bergerak bidang industri pembuatan beton readymix, dan pracetak. Waskita Beton didukung sembilan pabrik pracetak dengan total kapasitas produksi tahunan 3,7 juta ton. 

Per 30 Juni 2024, pemegang saham Waskita Beton terdiri dari Waskita Karya 29,36 persen, saham treasury 3,38 persen, Koperasi Waskita 0,0 persen, dan publik 67,26 persen. (*)