EmitenNews.com - Pembahasan soal tindak lanjut komitmen pendanaan bagi transisi energi Just Energy Transition Partnership (JETP) sudah mencapai tahap finalisasi. Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana mengatakan Indonesia mendapatkan komitmen pendanaan JETP sebesar USD20 miliar yang diumumkan pada KTT G20 November 2022.

 

"Sebanyak USD20 miliar itu dalam bentuk apa sih kira-kira pendanaannya, mana yang sifatnya loan (pinjaman), mana yang sifatnya grand (hibah), mana yang mungkin technical assistence (bantuan teknis), kita sudah di ujung untuk memfinalisasi hal tersebut," kata Dadan Kusdiana dalam BUniverse Economic Outlook 2023 secara daring di Jakarta, Selasa (14/2/2023).

 

Menurut Dadan, masalahnya lebih lanjut akan dibahas dalam pertemuan dengan tim Internasional Partner Group (IPG) di Jakarta pada Kamis (16/2/2023) dan Jumat (17/2/2023) ini. Pertemuan itu juga sekaligus untuk meresmikan kantor sekretariat organisasi tersebut di Indonesia. ***