EmitenNews.com - Pemegang saham GoTo Gojek Tokopedia (GOTO) menyetujui seluruh agenda rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST), dan RUPS Luar Biasa. Itu termasuk laporan tahunan perseroan tahun 2022, dan pengesahan laporan keuangan konsolidasian perseroan, dan entitas anak untuk tahun buku berakhir 31 Desember 2022. 


Dengan begitu, GoTo tampil dengan jajaran kepemimpinan lebih kuat untuk meningkatkan tata kelola, menjalankan operasional bisnis lebih efisien, dan cepat. Itu penting untuk mendorong bisnis menuju profitabilitas. ”GoTo akan terus berkembang dengan memperhatikan sepenuhnya kebutuhan para pemegang saham, dan seluruh pemangku kepentingan dalam ekosistem kami. Kami berkomitmen terus menjadi penyedia on-demand services, e-commerce, dan financial technology terkemuka Indonesia,” tulis Koesoemohadiani, Sekretaris Perusahaan GoTo.


Pemegang saham juga telah menyetujui mata acara RUPSLB yaitu penambahan anggota direksi perseroan yang dapat menjadi pemegang saham Seri B. Sehubungan dengan pengawasan dan pengurusan perseroan, RUPST juga telah memutuskan beberapa perubahan dalam susunan dewan komisaris, dan direksi perseroan, di antaranya menerima pengunduran diri Andre Soelistyo dari posisi direktur utama, dan menduduki Andre sebagai komisaris.


Lalu, menerima pengalihan tugas, dan wewenang Garibaldi Thohir alias Boy Thohir semula komisaris utama menjadi komisaris. Menerima pengalihan tugas dan wewenang Agus D. W. Martowardojo semula sebagai komisaris menjadi komisaris utama. Menerima pengunduran Patrick Sugito Walujo, komisaris dan mengangkat Patrick Walujo sebagai direktur utama. Dan, mengangkat Thomas Kristian Husted sebagai wakil direktur utama.


”Ini menandakan awal babak baru GoTo. Saya percaya di bawah kepemimpinan Patrick Walujo, dan bimbingan Agus D.W Martowardojo, perseroan dalam posisi kuat untuk tumbuh, dan membawa manfaat bagi seluruh pemangku kepentingan. Saya beserta anggota dewan komisaris lain akan terus mengawal, memberikan masukan, dan arahan kepada manajemen GoTo,” tegas Andre Soelistyo, Komisaris GoTo.


”Sebuah kehormatan bagi saya mengemban kepercayaan dari para pemegang saham, di tengah perjalanan mencapai profitabilitas, dan pertumbuhan jangka panjang. Bersama direksi, dan bimbingan dewan komisaris, GoTo akan memperkuat sinergi ekosistem untuk mendorong kemajuan bagi Indonesia, dan Asia Tenggara,” tukas Patrick Walujo, Direktur Utama GoTo.


Dengan perubahan itu, susunan dewan komisaris, dan direksi GoTo menjadi sebagai berikut. Dewan Komisaris antara lain Komisaris Utama Agus D. W. Martowardojo, Komisaris William Tanuwijaya, Komisaris Andre Soelistyo, Komisaris Garibaldi Thohir, Komisaris Winato Kartono, Komisaris Wishnutama Kusubandio, Komisaris Independen Dirk Van den Berghe, Komisaris Independen Marjorie Lao, dan Komisaris Independen Robert Holmes Swan.  


Formasi Direksi terdiri dari Direktur Utama Patrick Sugito Walujo, Wakil Direktur Utama Thomas Kristian Husted, Direktur Wei-Jye Jacky Lo, Direktur Catherine Hindra Sutjahyo, Direktur Hans Patuwo, Direktur Melissa Siska Juminto, Direktur Nila Marita, dan Direktur Pablo Malay. (*)