EmitenNews.com - Bandara VIP segera dibangun di Kalimantan Timur. Pemerintah menargetkan bandara yang jaraknya 10 km dari Ibu Kota Negara (IKN), Nusantara, Kalimantan Timur itu, mulai dibangun pada Mei atau Juni 2023. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sudah melaporkan rencana ini kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Usai berkunjung ke sejumlah negara, Menteri Budi bersaksi minat investor berinvestasi di IKN Nusantara cukup tinggi. Termasuk dari Korea.

 

Kepada pers seperti dikutip Minggu (26/3/2023), Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah melakukan serangkaian pembahasan. Harapannya, pembangunan ini akan dapat segera dilaksanakan.

 

"Kita akan mencari kontraktor yang terbaik dan Insyaallah pada Mei atau Juni sudah bisa efektif pembangunannya. Kira-kira lokasinya 15 km, nggak sampai, 10 km dari IKN," ujarnya.

 

Pekan lalu, Budi Karya juga melaporkan, telah bertemu dengan Menteri Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi Korea Selatan Won Hee-Ryong yang menyatakan minatnya untuk berinvestasi di kawasan IKN Nusantara.

 

Menurut Budi Karya, Won Hee-Ryong menunjukkan ketertarikannya. Pekan lalu, petinggi Korea itu, menyempatkan diri mengunjungi kawasan IKN, dalam rangka meninjau investasi apa saja yang bisa dilakukannya.

 

Menhub memang sempat berkunjung ke sejumlah negara dalam rangka menjaring para investor-investor IKN. "Berkaitan dengan investor kita harus sama-sama campaign. Jadi saya ke India, Arab Saudi, Dubai, Korea, Jepang, itu kita lakukan. Jadi India, Jepang, Korea, ini sangat berminat. Tapi memang butuh waktu karena mereka butuh satu assessment tentang bagaimana bantuan itu efektif." ***