EmitenNews.com - Penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia semakin membaik. Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin mengatakan angka keterisian kamar di rumah sakit sudah di bawah 10 persen dan positivity rate sudah kembali normal di bawah 5 persen. Ia berterima kasih pada tenaga kesehatan. Presiden Joko Widodo telah meminta jajaran Kementerian Kesehatan mempersiapkan pandemi Covid-19 menjadi endemi.


"Situasi penanganan pandemi Covid-19 kita terus membaik. Angka konfirmasi positif maupun kematian harian terus menurun," kata Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan pers di Jakarta, Senin (28/3/2022).


Menkes Budi Gunadi Sadikin mengemukakan, pencapaian itu diperoleh karena kerja sama semua pihak dan masyarakat Indonesia termasuk tenaga kesehatan. Secara khusus ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh tenaga kesehatan atas dedikasi dan kerja keras serta dukungan yang telah diberikan.


“Bersama-sama kita bekerja bagi masyarakat, melayani masyarakat dan membuat mereka hidupnya menjadi lebih sehat," ujarnya.


Kontribusi tenaga kesehatan dari berbagai profesi sangat signifikan dalam mengendalikan pandemi Covid-19 agar benar-benar terkendali.


"Insya Allah kita akan mulai transisi dari pandemi menjadi endemi," kata Menkes.


Untuk itu, Menkes Budi mengajak semua pihak termasuk tenaga kesehatan fokus kepada langkah-langkah pengendalian pandemi dan membangun masyarakat Indonesia yang lebih sehat.


Sebelumnya, Menkes Budi mengatakan Presiden Joko Widodo meminta jajaran Kementerian Kesehatan mempersiapkan skenario untuk mengubah pandemi Covid-19 menjadi endemi. Seluruh fase pandemi di dunia, kata dia, pada akhirnya selalu menjadi endemi. Untuk itu, membutuhkan persiapan.


Merujuk sejarah pandemi di dunia, selalu membutuhkan banyak faktor pertimbangan untuk mengubah menjadi endemi. Jadi, tidak hanya faktor kesehatan. Ada sosial, politik, ekonomi, dan budaya.


"Jadi, enggak pernah faktor kesehatan saja. Ada faktor sosial, politik, ekonomi, budaya yang menjadi pertimbangan baik seorang pimpinan negara maupun dunia mengubah itu menjadi pandemi sebagai endemi," kata Budi Gunadi Sadikin seusai seminar "Recover Together, Recover Stronger: G20 dan Agenda Strategis Indonesia" di Balai Senat Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Kamis (17/3/2022).


Pandemi Covid-19 terus menyebarkan kabar gembira. Setelah Minggu (27/3/2022), kasus infeksi virus Corona atau coronavirus disease 2019 (Covid-19) bertambah 3.077, Senin (28/3/2022), tambahan kasus baru hanya 2.798 penderita. Dengan begitu total kasus Covid-19 di Tanah Air kini menjadi 6.001.751 orang. ***