EmitenNews.com - Indonesia berhasil menjadi juara Piala Thomas 2020, Minggu (17/10/2021) malam, setelah mengalahkan China dengan skor 3-0. Jonatan Christie memastikan Piala Thomas kembali pulang ke Tanah Air, usai menang rubber game 21-14, 18-21, dan 21-14 atas Li Shi Feng. Ini penantian selama 19 tahun untuk kembali membawa gelar bergengsi tersebut.

 

Keberhasilan ini membuat tim Thomas Indonesia menjadi juara untuk pertama kali sejak terakhir mengangkat trofi pada tahun 2002. 

 

Kapten tim Thomas Indonesia, Hendra Setiawan mengungkapkan senang atas keberhasilan menjadi kampiun. Dirinya mengatakan seluruh tim telah menunggu selama 19 tahun untuk menjadi yang terbaik di kompetisi ini.

 

"Saya merasa sangat senang karena ini pertama kalinya bagi saya dan seluruh tim. Kami menunggu 19 tahun dan akhirnya kami bisa membawanya pulang,” ujar Hendra dikutip dari akun Twitter @BadmintonTalk.

 

Sementara itu, Jojo sapaan karib Jonatan Christie, menjadikan Piala Thomas sebagai pencapaian terbesar dalam karirnya, melewati capaian medali emasnya di Asian Games 2018.

 

“Ini pencapaian terbesar saya. Ya, lebih besar dari Asian Games,” ungkap pemain kelahiran Jakarta.

 

Jonatan juga memberikan apresiasi kepada rekan setimnya, Anthony Sinisuka Ginting dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto karena memberikan kepercayaan diri untuknya dalam laga penentu.

 

"Saya harus berterima kasih kepada Anthony Ginting untuk 1-0 dan Fajar dan Rian untuk memimpin 2-0 jadi saya sedikit lebih percaya diri," tutur Jojo.

 

Indonesia sapu bersih tiga laga