EmitenNews.com - Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia Program Studi Administrasi Perpajakan mengokohkan langkah dalam pengabdian pada masyarakat. Mereka mengumumkan Taxaction 2023 Literasi Pengendalian Kualitas Produksi Makanan UMKM, bagian dari upaya berkontribusi positif kepada masyarakat Kelurahan Cimpaeun, Tapos, Depok, Jawa Barat, Jumat, 8 September 2023.

 

Dalam rilisnya, Senin (17/10/2023), Ketua Titin F Nur mengungkapkan, kegiatan ini diadakan untuk memberikan sosialisasi mengenai penyelenggaraan pengendalian proses produksi bagi pelaku UMKM dan memberikan pendampingan bagi pelaku UMKM Kelurahan Cimpaeun, Tapos, Depok bekerja sama dengan BPOM. 

 

“Kami berkomitmen untuk membantu masyarakat Kelurahan Cimpaeun, Tapos, Depok dan memberikan dukungan yang mereka butuhkan,” katanya.

 

Selama acara ini, diadakan berbagai kegiatan yang mencakup sosialisasi mengenai penyelenggaraan pengendalian proses produksi bagi pelaku UMKM. Pada kegiatan ini, pelaku Usaha Kecil dan Menengah mendapat informasi mengenai serba-serbi pengendalian proses sesuai dengan CPPB-IRT (Cara Produksi Pangan yang Baik) yang ditetapkan oleh BPOM untuk Industri Mikro dan Kecil. 

 

Semua itu bisa diterapkan oleh produsen makanan termasuk berbagai jenis snack di level UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) dengan kategori rendah dan sedang sesuai UU No 34 Tahun 2019 tentang Ketentuan Kategori Pangan dan Peraturan Badan POM No 27 Tahun 2017 tentang Pendaftaran Pangan Olahan untuk Ketentuan Ijin Edar. 

 

Sosialisasi diberikan oleh Ayusya Dian Paramita Pengawas Farmasi dan Makanan Ahli Pertama BPOM. Selain itu, ada pendampingan bagi pelaku UMKM Kelurahan Cimpaeun, Tapos, Depok bekerja sama dengan BPOM berupa pembentukan grup komunikasi. Peserta kegiatan ini adalah pelaku UMKM makanan di wilayah RW 18 Kelurahan Cimpaeun.

 

Turut hadir Lurah Cimpaeun, Mulyadi S. Ag beserta jajarannya, Bidang Ekonomi dan Pembangunan Cimpaeun Dewi Oktaria SP, Perwakilan Puskesmas Cimpaeun dan Perwakilan RW 08 Cimpaeun.

 

Penting disampaikan, Kelurahan Cimpaeun, Kecamatan Tapos, Kota Depok, Jawa Barat mengalami perkembangan pesat sejak tiga tahun terakhir ini. Perkembangan tersebut didorong oleh letaknya sangat strategis, sekitar 4 kilometer dari pintu tol Cimanggis.

 

Juga didukung oleh kelengkapan infrastruktur lainnya berupa pembanguna RSUD ASA, Masjid Erick Thohir, Emerlada Golf serta perumahan oleh pengembang PT Karabha Digdaya dan Podomoro. Perkembangan tersebut juga berpengaruh pada menggeliatya perekonomian di wilayah ini dengan tumbuhnya UMKM makanan, yang akhirnya menghidupkan wisata kuliner di wilayah sekitar. ***