EmitenNews.com - Ketidakpastian adalah suatu hal yang tidak bisa dihindari, guncangan pasar terhadap investasi bisa terjadi kapan saja. Faktor yang mempengaruhi bisa karena faktor ekonomi global, politik, perubahan kebijakan atau seperti krisis yang tak terduga. Menghadapi kondisi seperti ini yang tiba- tiba tentu akan membuat pengalaman yang penuh tekanan bagi investor.

Sehingga perlu menjaga investasi agar tetap aman dari guncangan pasar menjadi kunci untuk mencapai stabilitas dan kesuksesan jangka Panjang, dan strategi yang tepat.

Meskipun tidak mudah, tetapi perlu meminimalisir risiko dan potensi kerugian. Bagaimana menjaga investasi agar aman, dan apa langkah-langkahnya, artikel berikut akan membahasnya.

Mengapa pasar berfluktuasi?

Kita harus dapat memahami dulu mengapa pasar sering mengalami fluktuasi. Tentu banyak faktor yang mempengaruhi naik turunnya pasar, seperti :

1. Kondisi ekonomi global

Perubahan yang seringkali mempengaruhi kinerja pasar dalam ekonomi global adalah kenaikan suku bunga, inflasi atau resesi. Banyak dampak dari kondisi ekonomi ini terhadap penurunan atau kenaikan pada sektor tertentu.

2. Kebijakan pemerintah

Selain kondisi ekonomi perubahan atau pengaturan suku bunga, kebijakan pajak dan keuangan, ini juga akan mempengaruhi pasar. Bahkan Keputusan yang dibuat pemerintah dalam merespon kondisi ekonomi seringkali memicu perubahan besar terhadap instrumen keuangan.

3. Krisis global

Bencana alam, atau pandemi yang sebelumnya dihadapi sebagai peristiwa besar, ini dapat secara tiba -tiba mengguncang pasar, dan menyebabkan penurunan yang tajam terhadap harga saham, meskipun kondisi ini bisa juga menciptakan peluang bagi beberapa sektor tertentu.

4. Sentiment investor

sentiment dan psikologi investor akan sangat mempengaruhi pasar. Ketakutan atau rasa optimis yang berlebihan bisa menyebabkan pergerakan terhadap harga secara drastis. Begitu juga pada saat investor panik dan mulai menjual saham dalam jumlah yang cukup besar, pasar bisa jatuh lebih cepat.

Perlu strategi untuk menjaga investasi tetap aman.

Untuk menghadapi ketidakpastian tersebut, berikut adalah beberapa strategi yang dapat membantu dalam menjaga investasi tetap aman dari guncangan pasar:

1. Lakukan diversifikasi portofolio

Dalam investasi dikenal adanya pernyataan bahwa jangan menaruh telur dalam satu keranjang, artinya jangan menempatkan semua uang dalam satu jenis investasi saja. Sehingga perlu dilakukan diversifikasi, yaitu salah satu prinsip dalam mengelola risiko dalam investasi. Dengan membagi investasi ke dalam beberapa instrument, maka akan dapat mengurangi Tingkat kerugian, jika salah satu aset mengalami penurunan nilai. Dengan memiliki portofolio yang terdiversifikasi, ini akan dapat melindungi diri dari fluktuasi di sektor tertentu.