EmitenNews.com - Semen Indonesia alias SIG (SMGR) akan menggelontorkan dividen tunai Rp572 miliar. Alokasi dividen itu, diambil sekitar 26,36 persen dari torehan laba bersih tahun buku 2023 senilai Rp2,17 triliun. 

Selanjutnya, sisa laba bersih Rp1,598 triliun atau 73,64 persen ditetapkan sebagai cadangan lainnya. Kebijakan itu, telah diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan 2024 pada Jumat, 3 Mei 2024 di Jakarta. 

Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni mengatakan, SIG berkomitmen terus meningkatkan kapabilitas demi menjaga kepemimpinan pasar, kinerja positif, dan pertumbuhan bisnis berkelanjutan. Dengan begitu, dapat selalu memberi nilai tambah kepada pemegang saham. 

Di tengah situasi geopolitik Timur Tengah, SIG melakukan evaluasi dampak terhadap ekonomi global, termasuk Indonesia, khususnya pada harga energi dan komoditas, serta inflasi, yang secara langsung maupun tidak langsung berpotensi memengaruhi bisnis perseroan. 

“SIG konsisten membagi dividen secara rutin kepada para pemegang saham sebagai bentuk komitmen untuk memberi nilai tambah atas kepercayaan, dan dukungan selama ini diberikan, melalui kebijakan terukur dengan tidak mengabaikan kondisi keuangan perseroan, kondisi ekonomi, dan industri ke depan,” tutur Vita.

Vita menyebut penetapan sebagian laba bersih tahun 2023 sebagai cadangan lain akan memperkuat struktur permodalan SIG untuk memastikan operasional dapat berjalan dengan baik di tengah risiko membayangi sepanjang tahun ini.

Hasil keputusan rapat lainnya yaitu memberhentikan dengan hormat Lydia Silvanna Djaman sebagai Komisaris SIG. Dan, mengangkat Lydia Silvanna Djaman sebagai Komisaris SIG dengan masa jabatan sesuai dengan ketentuan Anggaran Dasar Perseroan. Dengan begitu, formasi dewan komisaris, dan direksi perseroan menjadi sebagai berikut.

Dewan Komisaris terdiri dari Komisaris Utama dan Komisaris Independen Budi Waseso. Komisaris Sony Subrata. Komisaris Yustinus Prastowo. Komisaris Lydia Silvanna Djaman. Komisaris Independen Nasaruddin Umar. Komisaris Independen Saor Siagian, dan Komisaris Independen Ratna Irsana. 

Direksi perseroan terdiri dari Direktur Utama Donny Arsal. Direktur Supply Chain Yosviandri. Direktur SDM dan Umum Agung Wiharto. Direktur Keuangan & Manajemen Portofolio Andriano Hosny Panangian. Direktur Bisnis dan Pemasaran Subhan. Dan, Direktur Operasi Reni Wulandari. (*)