EmitenNews.com — PT Utomo Juragan Atap Surya Indonesia (Utomo SolaRUV) dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) bekerja sama dalam pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terapung di Indonesia.

 

"Kerja sama dengan Utomo SolaRUV merupakan bagian dari komitmen pengembangan energi baru terbarukan dengan menghadirkan produk yang menawarkan nilai lebih," ujar Direktur Operasi II WIKA Harum Akhmad Zuhdi dalam keterangan resmi, Jakarta, Kamis.

 

Sebagai BUMN, WIKA disebut memiliki portofolio luas dan rekam jejak panjang di bidang pembangkit listrik. Saat ini, pihaknya juga sedang fokus dalam pengembangan produk energi baru terbarukan sebagai energi masa depan.

 

"Produk PLTS Apung WIKA telah dipercaya untuk digunakan di berbagai wilayah. Melalui kerja sama ini, kami optimis bahwa WIKA akan semakin memicu penggunaan PLTS Apung di tanah air," ungkapnya.

 

Kini, PLTS terapung/Floating PV tengah menjadi tren dalam pengembangan energi terbarukan di dunia. Khusus di Indonesia, terdapat 192 bendungan dan waduk dengan luas tangkapan 86.247 hektar.