EmitenNews.com - Penyaluran Cadangan Beras Pemerintah (CBP) untuk bantuan pangan tahap kedua sudah dimulai sejak 1 September 2023. Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengharapkan penyaluran CBP itu, dapat menurunkan harga beras medium menjadi Rp11 ribu per kilogram.

 

Kepada pers, di Gudang Bulog DKI Jakarta dan Banten di Kelapa Gading, Jakarta, Senin (11/9/2023), Dirut Budi Waseso mengemukakan, tidak dapat memprediksi kapan persisnya harga beras medium akan turun pasca penyaluran bantuan pangan. Pasalnya, penyaluran beras membutuhkan waktu dan juga pedagang sudah terlanjur membeli beras dengan harga cukup tinggi.

 

Selain melalui penyaluran bantuan pangan tahap kedua, Bulog juga tengah berupaya menjaga stabilisasi harga dan stok beras dengan menyetok beras operasi pasar atau Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) ke retail modern dan pasar-pasar tradisional.

 

"Tahap pertama harga stabil makanya kita bisa mempertahankan inflasi dan ada penurunan harga. Begitu kemarin berhenti bantuan dari Presiden, ada peningkatan lagi, hari ini naik juga kan. Maka kita tetap operasi pasar kita masifkan termasuk retail modern," tutur Budi Waseso. ***