EmitenNews.com - Negara-negara ASEAN bisa menjadi alternatif tujuan ekspor biji kopi Sumatera Utara (Sumut), selain tujuan utama seperti Amerika Serikat dan Uni Eropa. Salah satu cara untuk menyebarkan kopi dari Sumut ke ASEAN, dalam penilaian Badan Pengurus Daerah Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (BPD AEKI) Sumatera Utara, memperbanyak produksi. Khususnya biji kopi yang nilainya tidak semahal komoditas ekspor ke negara importir utama misalnya Amerika Serikat.


"Ekspor kopi Sumut itu utamanya ke Amerika Serikat dan Eropa. Kenapa tidak ke ASEAN, karena harga kopi dari sini mahal. Namun, tetap bisa jika mau diekspor ke sana," ujar Wakil Kepala Kompartemen Pemasaran dan Mutu AEKI Sumut Fadli Hazmi di Medan, Jumat (16/6/2023).


Salah satu cara untuk menyebarkan kopi dari Sumut ke ASEAN, dengan memperbanyak produksi, khususnya biji kopi yang nilainya tidak semahal komoditas ekspor ke negara importir utama misalnya Amerika Serikat.


Sayangnya, terdapat kendala dengan situasi di lapangan. Para petani kopi Sumut nyaris 90 persen berstatus petani kecil. Luas kebun mereka maksimal dua hektare.


Cara lain yang bisa dikembangkan agar kopi Sumut sampai ke pasar ASEAN yakni mengekspor produk turunannya, bubuk kopi. Untuk itu, Fadli Hazmi menyarankan supaya pemerintah menjalin kerja sama dengan industri pengolahan kopi.


"Kalau sudah jadi bubuk dan dikemas, sepertinya bisa diekspor ke negara-negara ASEAN," tutur Fadli Hazmi. ***