EmitenNews.com - Ini tonggak sejarah bagi Papua. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) pertama di Jayapura, Papua. Keberadaan MPP itu guna memperkuat pelayanan publik di wilayah Timur Indonesia.

 

"Selamat atas diresmikannya MPP Kota Jayapura. Ini menjadi tonggak sejarah sebagai MPP pertama yang diresmikan di Papua, sekaligus menjadi MPP ke-120 di seluruh Indonesia," ungkap Menteri Abdullah Azwar Anas dalam keterangan resminya, Jumat (19/5/2023).

 

Kehadiran MPP di berbagai daerah Indonesia ini menunjukkan bahwa Indonesia-sentris bukan hanya terkait infrastruktur. Indonesia-sentris juga meliputi sektor pelayanan publik yang ramah bagi masyarakat Indonesia.

 

"Kehadiran MPP di Papua ini sebagai bukti bahwa Indonesia-Sentris di era Presiden Jokowi tidak hanya dalam arti infrastruktur fisik saja, tapi juga dalam hal pelayanan publik yang harus merata ke seluruh penjuru Tanah Air," katanya.

 

Saat ini, menurut Abdullah Azwar Anas, 45 persen dari total 120 MPP ada di luar Jawa. Kemudian, 42 persen rintisan MPP Digital ada di luar Jawa. "Ini menunjukkan komitmen pemerintah untuk mendukung pemerataan kualitas pelayanan publik agar tidak terkonsentrasi di Jawa saja." ***