EmitenNews.com - Waskita Karya (WSKT) memperkuat modal Waskita Bumi Wira (WBW) Rp35,26 miliar. Itu dilakukan melalui anak usaha yaitu Waskita Toll Road (WTR). Caranya, WTR menyerap 35.262 saham yang dikeluarkan WBW. 


Nilai transaksi itu, sekitar 0,18 persen dari ekuitas perseroan sejumlah Rp19,93 triliun berdasar laporan keuangan konsolidasian audited per Juni 2022. Angka itu, juga sekitar 0,16 persen dari ekuitas WTR Rp22,66 triliun sebagaimana laporan konsolidasi WTR untuk tahun berakhir pada Juni 2022. 


Transaksi itu, merupakan afiliasi karena WTR sebagai anak usaha perseroan. Di mana, perseroan memiliki 92,10 persen, dan WBW merupakan anak usaha WTR dengan kepemilikan 99,91 persen. Selain itu, transaksi juga material karena nilai rangkaian transaksi lebih dari 20 persen dari ekuitas perseroan. 


Transaksi itu, dilatari untuk memenuhi kebutuhan pendanaan WBW. Dengan adanya peningkatan modal dari WTR kepada WBW itu, diharap dapat memaksimalkan kinerja usaha, dan diharap akan memberi nilai tambah bagi perseroan sebagai pemegang saham WTR. (*)