EmitenNews.com - Solusi Sinergi alias Surge (WIFI) menginjeksi modal anak usaha Rp10 miliar. Dana taktis mengucur deras ke kas Kreasi Kode Digital (KKD). Transaksi tersebut berdasar hasil keputusan sirkuler pemegang saham KKD pada 13 Maret 2023. 

Transaksi itu, dilakukan dengan cara perseroan menyerok 10 ribu saham KKD dengan nilai nominal Rp1 juta. Pembelian saham sebanyak itu, setara dengan 94,33 persen dari seluruh modal ditempatkan dan disetor KKD.  

Transaksi peningkatan modal entitas anak bertujuan untuk penguatan permodalan. Perseroan meningkatkan kepemilikannya secara langsung atas KKD. Selain itu, KKD meningkatkan ekuitas dan mengurangi liabilitas Rp10 miliar. Perseroan mengharapkan penguatan modal yang dilakukan melalui transaksi dapat mendukung pengembangan usaha, dan peningkatan kinerja keuangan KKD.

Menyusul pelaksanaan transaksi, kepemilikan efektif perseroan pada KKD bertambah dari sebelumnya 75 persen menjadi 98,58 persen. Piutang pihak berelasi internal perseroan berkurang sejumlah Rp10 miliar karena dikonversinya piutang perseroan menjadi modal.

Sementara dari sisi KKD, walau KKD tidak mendapatkan tambahan modal kerja dalam transaksi tersebut, namun demikian rasio keuangan KKD berubah menjadi lebih baik karena adanya pengurangan signifikan pada liabilitas, dan peningkatan secara signifikan pada modal saham KKD.

Lebih lanjut, perseroan berkeyakinan bahwa transaksi akan memperkuat struktur permodalan perseroan, dan tidak akan mengakibatkan terganggunya kelangsungan usaha perseroan. (*)