EmitenNews.com - Cemindo Gemilang (CMNT) memperkuat pasar ekspor. Itu dilakukan dengan penyertaan modal pada Alpha Ciment SA. Suntikan modal itu, dilakukan melalui anak usaha yaitu Cemindo Investments Pte Ltd.

Cemindo Investments telah melakukan penyertaan modal secara tidak langsung dalam Alpha Ciment SA melalui skema berikut. Ya, Cemindo Investments melakukan penyertaan modal melalui CIMAD Holdings Ltd, suatu perusahaan induk berdomisili di Mauritius pada 7 Februari 2024. 

Alpha Ciment SA (dahulu Ciment Madagaskar SA), salah satu perusahaan berbasis di Madagaskar, dan saat ini mengoperasikan dua pabrik berlokasi di Ibity dengan kapasitas semen 180 ribu ton per tahun, dan klinker 130 ribu ton per tahun. Lalu, berlokasi di Tamatave (packaging plant) berkapasitas 380 ribu ton per tahun. 

Transaksi tersebut dilakukan supaya menemukan pasar baru secara global, dan ekspansi di negara-negara pengimpor semen. Perseroan sebagai salah satu eksportir utama indonesia produk klinker, dan semen, transaksi tersebut membantu perseroan meningkatkan eksistensi dengan cara lebih bermakna dalam beberapa tahun mendatang. 

”Transaksi tersebut tidak berdampak negatif terhadap perseroan. Sebaliknya, kegiatan operasional, aspek hukum, kondisi keuangan atau kelangsungan usaha perseroan berjalan normal,” tegas Vince Erlington Indigo, Wakil Presiden Direktur Cemindo Gemilang. (*)