EmitenNews.com—Dalam upaya mendukung program pemulihan ekonomi nasional, Mbizmarket (PT Brilliant Ecommerce Berjaya) bekerja sama dengan PT Bank Nationalnobu Tbk (NOBU) atau Nobu Bank dalam penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ) yang terdampak pandemi Covid-19.

 

Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, UMKM di tanah air yang kini jumlahnya mencapai 64,2 juta memiliki peran penting bagi perekonomian Indonesia karena memberikan sumbangan yang signifikan, khususnya dalam pembentukan produk domestik bruto dan penyerapan tenaga kerja. Namun pengembangan UMKM masih menghadapi berbagai kendala, salah satunya terkait dengan akses keuangan. Hal ini disebabkan oleh banyaknya pelaku UMKM yang tidak bankable , serta keterbatasan UMKM untuk menghasilkan laporan keuangan yang menjadi alat utama lembaga keuangan menilai kelayakan kredit.

 

Berdasarkan kenyataan tersebut Nobu Bank dengan jeli melihat peluang tersebut dan bekerja sama dengan Mbizmarket yang merupakan lokapasar pengadaan digital ( marketplace e-procurement  ) , yang memiliki jaringan ribuan mitra penjual yang notabene adalah pelaku UMKM di seluruh Indonesia. Adapun, keuntungan penyaluran KUR dari Nobu Bank melalui Mbizmarket salah satunya adalah prosesnya yang cepat dan mudah.

 

Head of Retail Banking Nobu Bank Steve Marciano Joe menuturkan, pinjaman KUR hingga Rp 100 juta ini diberikan untuk para pelaku usaha   UMKM   yang telah bergabung di  Mbizmarket dengan lama usaha lebih dari enam bulan, serta memenuhi ketentuan dan persyaratan kredit yang ditetapkan berdasarkan ketentuan pemerintah dan bank tentang KUR yang berlaku . 

 

"Proses cepat dan mudah,tanpa menggunakan agunan/barang jaminan, pencairan dilakukan secara cashless langsung ke rekening Nobu Bank milik nasabah, serta tersedia pembayaran autodebet dari rekening Nobu Bank, merupakan fitur dari Produk KUR yang ditawarkan oleh Nobu Bank," ujarnya dalam keterangan persnya dikutip Selasa (26/7/2022).

 

Persyaratan dokumen yang diperlukan untuk pengajuan KUR terdiri atas e-KTP pemohon dan pasangan (apabila sudah menikah), kartu keluarga, akta nikah (apabila sudah menikah), dan Surat Keterangan Usaha atau Nomor Induk Berusaha (SKU/NIB). Sedangkan untuk pinjaman di atas Rp 50 juta, diperlukan dokumen tambahan berupa NPWP . Keuntungan lain adalah angsuran pembayaran KUR dari Bank Nobu hanya dikenakan bunga 3% efektif per tahun berlaku hingga dengan 31 Desember 2022, serta bebas biaya administrasi maupun biaya provisi hingga 31 Desember 2022.

 

"Selain itu prosesnya pengajuannya pun dilakukan secara digital ( paperless ), bahkan, setiap debitur tidak perlu datang ke kantor cabang Nobu Bank," tambah Steve.

 

Sementara itu, CEO Mbiz Rizal Paramarta menjelaskan, para pelaku usaha UMKM yang telah bergabung dan bertransaksi di Mbizmarket, akan mendapat kemudahan untuk mengakses pendanaan KUR dari Nobu Bank. Di mana, UMKM yang memerlukan dana, cukup mengisi formulir elektronik ( e-form  ) dan menyertakan kelengkapan data dan dokumen yang diperlukan.

 

"Berdasarkan persetujuan pelaku usaha, kami akan memberikan data digital transaksi dagang pelaku usaha di Mbizmarket. Selanjutnya, Nobu Bank akan melakukan evaluasi dan proses persetujuan kredit sesuai ketentuan pemerintah dan bank yang berlaku terkait program KUR ini. Kami berharap selanjutnya para pelaku usaha dapat memanfaatkan peluang ini, dengan meningkat transaksi di Mbizmarket, dan menjadikannya sebagai alat pencatatan transaksi dagang digital yang dapat bermanfaat di kemudian hari," ujarnya.