EmitenNews.com - PT Volta Indonesia Semesta, perusahaan patungan PT NFC Indonesia Tbk (NFCX)  –  MCAS  Group  dan  SiCepat,  menjalin  kerja  sama  dengan  Telkom  University  berkaitan  dengan pengembangan teknologi kendaraan listrik pada 18 November 2021 di Tel-U Coffee, Telkom University, Bandung.


Rektor Telkom University sekaligus sebagai Ketua Bidang Energi Forum Rektor Indonesia (FRI) dan Ketua Aliansi  Perguruan  Tinggi  (APERTI)  BUMN  menyampaikan  bahwa,  kerjasama  ini  diharapkan  dapat berjalan secara berkesinambungan untuk menghasilkan sebuah program dan inovasi dan untuk mengembangkan skill-inovasi, riset motor listrik bersama guna meningkatkan pemahaman teknologi motor listrik lebih dalam


“Seperti halnya research  and development, untuk  menghasilkan  program-program  atau  inovasi  yang dapat  memberi  dampak  baik  untuk  masyarakat,  Telkom  University  bekerjasama  dengan  PT Volta Indonesia  Semesta  untuk  memberikan perkembangan  dalam  bidang  otomotif  dan  teknologi  bagi seluruh stakeholder di Indonesia,” tutur antaranya  Adiwijaya,.


Willty Awan, Direktur PT. Volta Indonesia Semesta menyampaikan,  “Kami  sangat  mengapresiasi kolaborasi yang  terjalin  dengan para akademisi dari berbagai  universitas  di  Indonesia,  salah  satunya Telkom  University  ini  untuk  bersama  mengembangkan  teknologi  kendaraan  listrik  ramah  lingkungan yang masih menjadi hal baru di Indonesia. Hal ini bisa menjadi motor penggerak bagi kita untuk bersama melakukan transfer teknologi sehingga mencapai kemandirian teknologi yang berdampak positif bagi perkembangan industri manufaktur kendaraan listrik di Indonesia sekaligus meningkatkan TKDN motor listrik Volta yang ditargetkan mencapai 40% di tahun 2022, tulis Willty dalam keterangan resminya Jumat (19/11).


PT Volta Indonesia Semesta dinilai sebagai perusahaan yang mengedepankan teknologi terkini sehingga Telkom University melihat peluang adanya kolaborasi yang dapat terjalin untuk bersama mengembangkan  teknologi  kendaraan  listrik.  Di  samping  itu,  Volta  telah  membuktikan  eksistensinya dalam beberapa ajang pameran kendaraan listrik di E- Vehicle Indonesia pada 2-4 November 2021 dan festival UMKM Kosgoro 1957 yang diselenggarakan pada 12-13 November 2021.


PT Volta Indonesia Semesta juga telah meresmikan pabrik pertamanya di Kawasan Industri Candi, Kota Semarang pada tanggal  11  November 2021. Pada  peresmian  tersebut,  keberadaan  pabrik  Volta juga mendapatkan respon yang baik dari Walikota Semarang, Hendrar Prihadi.